Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini saat Sahur dan Berbuka Puasa!

Mana yang masih sering kamu lakukan?

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini saat Sahur dan Berbuka Puasa!

Pada bulan Ramadan, umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dari sisi kesehatan, puasa membawa banyak manfaat, mulai dari menjaga saluran cerna hingga mencegah perkembangan penyakit kronis, seperti diabetes melitus dan penyakit jantung.

Sebelum menjalankan puasa, kita dianjurkan untuk melakukan sahur agar tetap berenergi sepanjang hari hingga waktu berbuka tiba. Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat sahur dan berbuka. Sayangnya, beberapa kesalahan berikut ini masih dipraktikkan oleh banyak orang. Apa saja?

1. Konsumsi yang manis-manis secara berlebihan saat buka puasa

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini saat Sahur dan Berbuka Puasa!

Usai menahan lapar dan haus seharian, kita jelas tergoda untuk "balas dendam" saat berbuka puasa. Tak jarang kita jadi kalap dengan melahap semua makanan yang ada di depan mata. Sayangnya, ini bukan hanya berisiko menaikkan berat badan, tetapi juga dapat memicu penyakit kronis seperti diabetes melitus.

Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang signifikan. Seperti yang dijelaskan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ini bisa memperberat kinerja pankreas dan memicu resistansi insulin yang merupakan tahap awal perkembangan diabetes melitus.

2. Langsung berbuka dengan makanan berat

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here