Sarapan setiap pagi sebelum memulai aktivitas sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bemanfaat untuk menambah energi, sarapan juga menghindari nafsu makan dan rasa lapar yang berlebihan saat menyantap makan siang. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, beberapa makanan seperti roti gandum, oatmeal dan kentang sangat baik dikonsumsi di pagi hari.

Kali ini, Popbela akan berbagi menu sarapan sehat yang berbahan dasar kentang. Perlu kamu ketahui bahwa umbi yang berasal dari Amerika ini memiliki jumlah kalori yang cukup besar sehingga kamu tidak mudah lapar. Mengolah dan mengonsumsi kentang dengan cara digoreng akan menaikkan berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam kentang bisa kamu peroleh secara maksimal dengan cara dikukus atau direbus. Berikut resep kentang yang bisa kamu praktekkan di rumah.

Bahan-bahan:

  • 2 buah kentang berukuran sedang
  • Garam
  • Merica bubuk
  • Keju rendah lemak atau keju cheddar biasa (optional)
  • Herbs seperti daun seledri yang dicincang
  • Saus sambal

Cara membuat:

  1. Kupas kentang, cuci bersih lalu potong dengan ukuran yang relatif kecil (semakin kecil ukuran maka semakin cepat matang)
  2. Kukus kentang antara 10-15 menit hingga kentang lunak. Kemudian angkat.
  3. Beri sedikit parutan keju, herbs, lalu tambahkan sedikit garam dan merica bubuk. Kamu juga bisa tidak menggunakan keju karena garam sudah memberikan rasa asin.
  4. Beri sedikit saus sambal untuk menambah cita rasa pedas lalu sajikan selagi hangat.

 

Bagaimana Bela, cukup mudah bukan? Hanya dalam waktu 20 menitan, kamu bisa menyiapkan sarapan sehat yang mendukung dietmu. Kamu juga bisa menyantap sajian ini untuk makan malam sebagai pengganti makanan berat. Selamat mencoba!