Lupus, kamu pernah mendengar pernyakit yang satu ini belum? Lupus sendiri adalah kelainan antibodi di dalam tubuh. Saat kamu terjangkit lupus (odapus), tubuhmu akan memproduksi antibodi secara berlebihan. Sayangnya, antibodi ini justru menyerang jaringan dalam tubuhmu karena menganggapnya sebagai benda asing yang menyebabkan penyakit. Lalu, apa saja penyebab lupus, sih?  Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Faktor genetik

Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Penyakit Lupus yang Sering Dianggap SepeleRdmag.com

Jika keluargamu memiliki riwayat penyakit lupus, hal itu bisa menjadi kemungkinan terbesarmu mengapa terkena lupus. Meskipun tidak serta-merta penyakit lupus dapat langsung ditularkan secara genetik, namun kemungkinannya tetap cukup besar. 

2. Lingkungan yang buruk

Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Penyakit Lupus yang Sering Dianggap Sepelesaga.com

Meskipun belum ada penelitian yang menemukan secara pasti penyebab lupus, namun faktor lingkungan di gadang-gadang menjadi penyebab utamanya. Misalnya saja, paparan asap rokok, gel natrium silika, dan merkuri. Selain itu, terjangkitnya tubuh oleh virus herpes zoster dan sitomegalovirus juga disebut-sebut menjadi salah satu penyebab kamu terkena lupus.

3. Faktor hormonal

Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Penyakit Lupus yang Sering Dianggap SepeleAnalajmal.blogspot.com

Dibandingkan dengan pria, perempuan memiliki kemungkinan 9 kali lebih besar terjangkit lupus. Wanita memproduksi hormon estrogen, yaitu hormon yang memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat dibanding pria. Hal ini dibutuhkan untuk proses evolusioner pada wanita yang penting saat melahirkan dan merawat anaknya. Namun, sistem yang kuat dan banyak ini berisiko terjangkitnya autoimun yang menjadi penyebab lupus. 

4. Mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan

Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Penyakit Lupus yang Sering Dianggap Sepeleyahoo.com

Meskipun terkesan baik untuk tubuh, pengonsumsian obat-obatan untuk imun akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya saja obat tekanan darah, obat anti-kejang, antibiotik, dan lain sebagainya. 

5. Paparan sinar matahari

Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Penyakit Lupus yang Sering Dianggap Sepelemedicalnewstoday.com

Paparan sinar matahari berbahaya secara berlebihan juga bisa memicu munculnya lupus. Kulit yang terbakar dan luka akibat panas matahari meningkatkan resiko lupus menjadi lebih besar. 

Nah, itu dia 5 hal yang bisa menyebabkan kamu terjangkit lupus. Untuk menghindari lupus, jangan lupa hindari hal-hal diatas, ya!