Penyakit jantung, salah satu jenis penyakit yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat. Apa kamu masih berpikir bahwa penyakit jantung hanya terjadi pada orang-orang dengan usia lanjut? Kalau iya, maka pikiranmu salah besar.

Faktanya, penyakit ini semakin banyak diderita oleh kelompok usia muda. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari kondisi lingkungan yang buruk, genetik, sampai gaya hidup tidak sehat. Mau tau lebih banyak soal penyebab dan gejala penyakit jantung di usia muda? Simak uraiannya di bawah ini, ya!

Penyebab peyakit jantung

1. Spasme Arteri Koroner

Wajib Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung di Usia MudaHealth.clevelandclinic.org

Spasme adalah kondisi dimana terjadinya penyempitan otot arteri koroner. Semakin parah penyempitan yang terjadi akibat spasme, semakain tersumber otot jantungmu karena kekurangan oksigen.

2. Jantung Koroner

Wajib Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung di Usia MudaSlideserve.com

Ini adalah salah satu alasan paling banyak yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Jantung koroner adalah kondisi dimana terjadi penumpukan plak pada arteri yang nantinya plak ini akan lepas dan sobek. 

Plak yang sobek akan terbawa ke aliran darah arteri koroner. Semakin besar dan tebal plak yang ikut masuk, semakin tersumbat aliran arteri kita. Padahal, arteri koroner bertugas untuk mengalirkan oksigen ke otot-otot jantung. Jantung yang kekurangan oksigen lama kelamaan akan mati. 

3. Genetik

Wajib Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung di Usia MudaRdmag.com

Sejak lahir, kamu bisa saja membawa gen penyakit jantung dari keluargamu. Bahkan, gen ini akan menimbulkan kelainan yang bisa dilihat sejak kamu lahir. Kelainan ini bisa terlihat dari dinding jantung, pembuluh darah, sampai katup jantungmu. 

4. Gangguan Irama Jantung

Wajib Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung di Usia Mudamedicalnewstoday.com

Jantung bisa memiliki masalah pada jenis iramanya. Bisa terlalu cepat, terlalu pelan, atau tak beraturan. Hal ini menunjukan fungsi jantungmu yang bekerja kurang baik. 

Gejala Penyakit Jantung Di Usia Muda

1. Nyeri di Dada Kiri

Wajib Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung di Usia Mudamedicalnewstoday.com

Saat kamu terserang penyakit jantung, biasanya kamu akan merasakan sesuatu yang aneh pada dadamu. Bagian itu biasanya akan terasa seperti diremas atau ditekan, tepatnya di dada kiri. 

2. Sesak Napas

Wajib Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung di Usia MudaMedicalnewstoday.com

Gejala lainnya adalah sesak napas. Jika ini terjadi, biasanya kamu akan berkeringat dingin, pusing, dan sekujur tubuh,u lemas

3. Gangguan Perut

Wajib Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung di Usia Mudarefinery29.com

Selain itu, kamu pun akan mengalami gangguan pada bagian perutmu. Kamu akan merasa mual, dan selalu ingin muntah. Jadi, waspadai gejala yang nampak sepele ini, ya!

4. Tubuh Atasmu Tidak Enak

Wajib Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung di Usia MudaBuoyhealth.com

Kalau kamu merasa kedua lengan, bahu, leher, punggung, dan perut atasmu terasa tidak nyaman, maka kamu harus waspada. Apalagi jika perasaan tidak nyaman itu sering terulang.