Berolahraga memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Olahraga membuat ototmu bekerja dan membuat tubuhmu membakar kalori. Ada banyak jenis olahraga, seperti berenang, berlari, jogging, menari bahkan berjalan. Jadi, tidak ada alasan untuk kamu tidak berolahraga kan, Bela?  Ingin tahu manfaat lainnya dari berolahraga? Simak artikelnya di bawah ini, ya!

1. Membuatmu merasa lebih bahagia

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerolahragaBusinessinsider.com

Olahraga telah terbukti meningkatkan mood-mu dan mengurangi depresi, kecemasan dan stres. Olahraga membuat perubahan pada otak yang mengatur stres dan kecemasan. Olahraga juga dapat meningkatkan sensitivitas otak melalui hormon serotonin dan norepinefrin yang menghilangkan perasaan depresi.

Dengan berolahraga, kamu dapat meningkatkan produksi endorfin yang dikenal dapat membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi nyeri. Belum habis sampai di situ, kamu juga dapat mengurangi kecemasan. Menariknya, semua manfaat ini tidak dipatok dari seberapa kuat olahragamu. Suasana hatimu dapat memperoleh manfaat dari olahraga, tidak peduli intensitas aktivitas fisiknya.

2. Membantumu mengurangi berat badan

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerolahragaMarketwatch.com

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh yang tidak aktif adalah faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas. Untuk memahami efek olahraga terhadap penurunan berat badan, penting untuk memahami hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi. 

Tubuhmu menghabiskan energi dalam tiga cara: mencerna makanan, berolahraga dan mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasanmu. Saat berdiet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolismemu. 

Hal ini yang akan menunda penurunan berat badan. Sebaliknya, olahraga teratur telah terbukti meningkatkan tingkat metabolismemu yang akan membakar lebih banyak kalori dan membantumu menurunkan berat badan. 

3. Dapat meningkatkan energi

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerolahragaChiroeco.com

Olahraga dapat menjadi penambah energi nyata bagi kamu yang sedang sehat ataupun mereka yang menderita berbagai kondisi medis. Satu studi menemukan bahwa enam minggu berolahraga secara teratur mengurangi rasa lelah bagi 36 orang sehat yang telah mengalami kelelahan yang berkepanjangan.

Selain itu, olahraga dapat secara signifikan meningkatkan tingkat energi bagi orang yang menderita sindrom kelelahan kronis (CFS) dan penyakit serius lainnya. Bahkan, olahraga tampaknya lebih efektif dalam memerangi CFS daripada perawatan lain, termasuk terapi pasif seperti relaksasi dan peregangan, atau tidak ada perawatan sama sekali. Selain itu, olahraga telah terbukti meningkatkan tingkat energi pada orang yang menderita penyakit progresif, seperti kanker, HIV/AIDS dan penyakit berat lainnya. 

4. Dapat mengurangi risiko penyakit kronis

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerolahragaDiabetesaustralia.com

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur adalah penyebab utama penyakit kronis. Olahraga teratur telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar lemak darah. 

Sebaliknya, kurang olahraga, bahkan dalam jangka pendek, dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam lemak perut yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kematian dini. Oleh karena itu, aktivitas fisik harian direkomendasikan untuk mengurangi lemak perut dan mengurangi risiko pengembangan penyakit ini.

5. Dapat menjaga kesehatan kulit

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berolahragashefinds.com

Kulitmu dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel. Ini dapat merusak struktur internal mereka dan merusak kulitmu.  

Meskipun aktivitas fisik yang intens dan melelahkan dapat berkontribusi terhadap kerusakan oksidatif, olahraga secara teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuhmu yang membantu melindungi sel. Dengan cara yang sama, olahraga dapat merangsang aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda terjadinya penuaan kulit. 

6. Dapat membantu relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berolahragadrweil.com

Olahraga teratur dapat membantumu rileks dan tidur lebih baik. Dalam hal kualitas tidur, penipisan energi yang terjadi selama latihan menstimulasi proses penyembuhan selama tidur. Selain itu, peningkatan suhu tubuh yang terjadi selama latihan dianggap meningkatkan kualitas tidur dengan membantunya turun saat tidur.

Satu studi menemukan bahwa 150 menit olahraga sedang hingga kuat per minggu dapat memberikan peningkatan kualitas tidur hingga 65%. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa 16 minggu olahraga meningkatkan kualitas tidur dan membantu 17 orang dengan insomnia tidur lebih lama dan lebih nyenyak.Olahraga juga membantu mereka merasa lebih berenergi di siang hari. Terlebih lagi, melakukan olahraga secara teratur tampaknya bermanfaat bagi para lansia yang cenderung memiliki gangguan tidur.

7. Dapat mengurangi rasa sakit

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berolahragasolutionchiropractic.com

Perasaan nyeri dapat membuatmu kelelahan namun olahraga sebenarnya dapat membantu menguranginya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk nyeri punggung bawah kronis, fibromyalgia dan gangguan bahu jaringan lunak kronis, dan lain sebagainya. 

Bagaimana, manfaatnya banyak banget, kan? Kalau sudah mengetahui apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga, mulai sekarang jangan sampai melewatkannya, ya!  Selamat berolahraga!