Ketika kamu sedang bekerja dan beraktivitas di luar rumah yang mengharuskan kamu untuk tetap fit dan fokus, tiba-tiba saja sakit kepala datang. Kamu pun menjadi tidak fokus, lelah, dan menjadi tidak produktif. Duh, pasti sangat mengganggu, ya. 

Penyebab sakit kepala sangat beragam. Mulai dari perubahan hormon, kelelahan, stres, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Kamu mungkin bisa meredakannya dengan mengonsumsi obat pereda sakit kepala. Namun, beberapa obat mengandung efek samping yang merugikan tubuhmu dalam jangka pendek maupun panjang. 

Lalu bagaimana ya cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat tanpa obat? Ada kok! Yuk, simak artikelnya di bawah ini!

1. Gunakan Kantong Kompres Dingin

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa ObatSleepsugar.com

Jika kamu menderita migrain, letakkan kantong kompres dingin di dahimu. Dengan mengompres kepala menggunakan es batu yang dibalut kain atau mandi air dingin dapat mengurangi rasa sakit kepalamu dengan cepat, lho.Caranya, letakkan kantong kompres di kepalamu selama 15 menit lalu diamkan kepala mu tanpa kompres selama 15 menit pula. 

2. Gunakan Kantong Kompres Hangat atau Panas

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa ObatMedicalnewstoday.com

Jika sakit kepalamu cenderung tinggi dan tegang gunakan kantong kompres dengan suhu hangat atau panas. Caranya, letakkan kantong kompres hangat di leher atau bagian belakang kepalamu. Jika kamu menderita sakit kepala sinus, tempelkan kantong kompres hangat di area yang sakit. Selain itu, mandi air hangat juga bisa meredakannya. 

3. Meringankan Tekanan Pada Kulit Kepala atau Kepalamu

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa ObatBeautycrew.com.au

Bela, jika kamu mengikat rambutmu terlalu kencang, itu juga bisa menyebabkan sakit kepala datang, lho. Sakit kepala kompresi eksternal ini juga dapat timbul karena mengenakan topi, ikat kepala, atau bahkan kacamata renang yang terlalu ketat. Cobalah untuk mengendurkan ikatan pada rambutmu dan sakit kepalamu mungkin bisa hilang. 

4. Redupkan Lampu

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa ObatDigitaltrends.com

Cahaya terang atau berkedip dari layar komputer atau handphone-mu dapat menyebabkan sakit kepala migrain, lho. Jika kamu rentan terhadap cahaya, tutup jendelamu dengan tirai di siang hari. Kamu juga bisa menurunkan kontras cahaya pada layar handphone dan komutermu. Selain itu, kenakan kacamata hitam di luar ruangan ketika cahaya diluar sedang terik.  

5. Cobalah Untuk Tidak Mengunyah

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa ObatNewscientist.com

Jika kamu sedang mengalami sakit kepala, cobalah untuk mengurangi aktifitas mengunyah. Mengunyah makanan seperti misalnya permen karet, bisa melukai bukan hanya rahangmu tetapi juga kepalamu. Hal yang sama juga berlaku untuk mengunyah kuku, bibir, bagian dalam atau pipi Anda, atau benda-benda seperti pulpen atau pensil. Hindari makanan yang renyah dan lengket. 

6. Konsumsi Kafein

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obatpexels.com/ Pixabay

Cobalah untuk mengonsumsi teh, kopi, atau sesuatu dengan sedikit kafein di dalamnya. Jika kamu mengonsumsinya dengan cukup, hal itu bisa meringankan sakit kepalamu. Kafein juga membantu menghilangkan rasa sakit lebih baik dibandingkan obat asetaminofen. Hanya saja, jangan minum terlalu banyak, ya! Hal ini karena dalam jumlah berlebih, kafein dapat menyebabkan jenis sakit kepala tersendiri.

7. Lakukan Relaksasi

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa ObatPexels.com/theformfitness

Lakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, atau relaksasi otot progresif. Relaksasi dapat membantumu mengatasi rasa sakit pada kepala. Dengan relaksasi, aliran peredaran darah dan pernafasan menjadi lebih lancar dan mengurangi ketegangan pada otot kepalamu.  

8. Pijat

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa ObatGroupon.com

Memijat kepala dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu dapat memijat leher dan pelipis selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu meredakan sakit kepala tegang yang mungkin diakibatkan oleh stres. 

9. Konsumsi Jahe

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obatanibee.tv

Tahu nggak sih, mengonsumsi jahe di samping obat-obatan penghilang rasa sakit biasa dapat meredakan rasa sakit kepala seperti migrain, lho. Cara kerja jahe untuk menghilangkan sakit kepala hampir sama dengan resep pada obat migrain. Kamu dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat. 

10. Pijat Bagian 'Yintang Points'

10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa ObatWikirote.com

Jika pekerjaanmu mengharuskan kamu untuk berlama-lama menghadap layar monitor dengan radiasi tinggi, kamu bisa saja dengan mudah terserang sakit kepala. Untuk menghilangkannya, ada cara mudah yang dapat kamu lakukan. Pijat bagian 'Yintang Points''-mu. Bagian ini terletak diantara alis dan bagian atas hidungmu. Dengan memijatnya selama beberapa menit, dapat meredakan sakit pada matamu yang menyebabkan sakit kepala. 

Nah, itu dia cara-cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat tanpa obat yang dapat kamu coba di rumah. Dengan cara-cara diatas, kamu dapat meminimalisir efek samping jika mengomsumsi obat sakit kepala. Selamat mencoba!