Kuku yang panjang dan kuat pasti jadi dambaan setiap perempuan. Selain cantik saat dipoles dengan berbagai pola cat kuku, kamu pun jadi tidak perlu takut kukumu patah saat beraktivitas. Namun, tidak semua perempuan dianugerahi kuku yang kuat dan mudah bertumbuh. Ada pula yang memerlukan waktu lebih lama untuk tumbuh karena kukunya cenderung rapuh.

Bela, sebenenarnya kuku yang rapuh dan pertumbuhan yang terlambat dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari paparan zat kimia dalam cat kuku yang terlalu keras, hingga aktivitas sehari-hari seperti mencuci piring. Selain itu, pola makan yang kurang bergizi pun bisa jadi faktor utamanya. Lalu, bagaimana ya cara memanjangkan kuku dan membuatnya kuat? Ikuti tips di bawah ini, ya!

1. Lemon dan putih telur

7 Cara Menumbuhkan Kuku Dengan Cepat dan Kuat Secara AlamiEpicurious.com

Kedua bahan sederhana ini ternyata bisa membantu kukumu tumbuh lebih panjang dan kuat, lho! Campurkan 1sm air perasan lemon dengan 1sdm putih telur. Oleskan pada kukumu dan tunggu 10-15 menit. Setelah kering, bersihkan dengan air dan keringkan. Jeruk mengandung vitamin C yang mampu merangsang pertumbuhan kukumu menjadi lebih cepat. Putih telur mengandung protein dan membantu kukumu jadi lebih kuat. 

2. Bawang putih

7 Cara Menumbuhkan Kuku Dengan Cepat dan Kuat Secara AlamiHealthline.com

Tahu nggak sih, bumbu dapur yang satu ini ternyata punya manfaat yang besar lho untuk kukumu! Bawang putih dipercaya dapat membuat kukumu menjadi lebih kuat dan merangsang pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Caranya, potong bawang putih menjadi 2 bagian. Oleskan pada kukumu secara merata. Diamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan air. Mudah, kan? 

3. Gunakan krim pelembap

7 Cara Menumbuhkan Kuku Dengan Cepat dan Kuat Secara AlamiAmazon.com

Kondisi kuku yang kering dan rapuh sangatlah buruk. Kuku sangat halus dan cenderung mudah patah. Melembapkan mereka dengan krim pelembap dapat membuatnya lebih kuat. Kamu bisa menggunakan krim tangan, minyak atau krim kutikula, atau krim pelembap yang membantu menjaga kuku dan kutikula kamu berkilau dan sehat.

4. Minyak zaitun

7 Cara Menumbuhkan Kuku Dengan Cepat dan Kuat Secara AlamiPexels.com/pixabay

Seakan tak kehabisan manfaat, ternyata minyak zaitun juga dapat kamu gunakan untuk kukumu, lho! Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat melancarkan aliran darah pada kukumu dan membuatnya tumbuh lebih cepat. Oleskan minyak zaitun pada kukumu pada pagi dan sore hari. Diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air. 

5. Tomat

7 Cara Menumbuhkan Kuku Dengan Cepat dan Kuat Secara AlamiHealthcuretips,com

Selain enak untuk dikonsumsi, tomat juga mengandung manfaat yang baik untuk kukumu. Hal ini dikarenakan tomat mengandung vitamin C dan biotin. Kedua zat ini baik untuk pertumbuhan kukumu. Oleskan tomat yang sudah potong atau dihaluskan padan kukumu. Diamkan selama 10-15 meni lalu bilas dengan air. 

6. Minyak biji rami

7 Cara Menumbuhkan Kuku Dengan Cepat dan Kuat Secara AlamiThemarketreportsworld.com

Minyak biji rami mengandung asam lemak omega 3, vitamin E dan protein yang tinggi. Ketiga zat ini baik untuk pertumbuhan kukumu. Oleskan minyak biji rami pada kukumu setiap pagi dan sore hari. Diamkan selam 5-10 menit dan bilas dengan air. Penggunaan minyak biji rami dapat membuat kukumu menjadi lebih sehat dan berkilau. 

7. Konsumsi makanan berprotein tinggi

7 Cara Menumbuhkan Kuku Dengan Cepat dan Kuat Secara Alamipurelyinspired.com

Kukumu terbuat dari protein yang disebut keratin. Sama halnya dengan merawat kulit dan rambut, kamu bisa memperbaiki kuku dengan mengubah pola makan. Menambahkan vitamin dan suplemen seperti biotin, Vitamin E, dan minyak ikan dapat kamu lakukan. Selain itu, makanan kaya protein seperti kacang, ikan, dan kacang-kacangan dapat kamu tambahkan dalam daftar menu makanmu setiap harinya. Dengan mengonsumsinya, kukumu akan jadi lebih kuat dan sehat. 

Nah, itu dia cara-cara yang dapat kamu coba untuk membuat kukumu tumbuh lebih cepat dan kuat. Cara-cara ini dapat kamu coba di rumah. Semoga berhasil!