Apa kamu salah satu orang yang sering mengalami maag? Kalau iya, pastinya kamu akan selalu was-was ya jika sewaktu-waktu maagmu kumat? Sebenarnya apa sih maag itu? Maag sebenarnya hanyalah istilah yang digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan keluhan-keluhan seperti sakit perut, mual, muntah, dada terasa nyeri seperti terbakar, kembung, begah, dan mulut terasa asam. Jadi, pada dasarnya maag sendiri bukanlah penyakit, melainkan gejala yang menandakan adanya penyakit tertentu pada pencernaanmu. 

Ketika maag tiba-tiba datang, kamu mungkin akan kebingungan dalam mengatasinya. Tentang apa yang harus dikonsumsi dan apa yang menjadi pantangan. Daripada kamu bingung, langsung simak aja artikelnya di bawah ini, yuk!

1. Kunyah permen karet

Biar Nggak Sakit Lagi, Begini Cara Mengatasi Maag dengan CepatNewscientist.com

Ketika maagmu kambuh, artinya asam lambungmu sedang meninggi. Salah satu cara untuk membuatnya lebih baik adalah dengan menetralisir asam lambung. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur. Hal ini dapat menetralkan kembali asam lambungmu dan membuat perutmu jauh lebih baik. 

2. Hindari asupan gula

Biar Nggak Sakit Lagi, Begini Cara Mengatasi Maag dengan CepatAbcnews.go.com

Gula sangat buruk bagi kesehatanmu, terutama bagi kamu yang mengalami maag. Gula memiliki senyawa yang mengganggu metabolisme tubuh. Gula sendiri terbentuk dari setengah glukosa dan setengah fruktosa. Fruktosa sendiri hanya dapat di metabolisme oleh hati dalam jumlah yang signifikan. Jadi, jika kamu mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, kerja hati menjadi lebih besar karena dipaksa untuk mengubahnya menjadi lemak. Gula juga mengandung senyawa yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan kita, termasuk lambungmu. Jadi, hindari gula saat maag menyerang, ya!

3. Hindari makanan dengan kandungan gas yang tinggi

Biar Nggak Sakit Lagi, Begini Cara Mengatasi Maag dengan CepatGmanetwork.com

Ketika maag datang, lambungmu akan dipenuhi gas asam. Oleh karenanya, kamu harus menghindari makananan tinggi gas agar tidak memperparah kondisi lambung. Makanan tinggi gas yang harus kamu hindari antara lain: kol, singkong, durian, dan buah kering.

4. Konsumsi alpukat

Biar Nggak Sakit Lagi, Begini Cara Mengatasi Maag dengan CepatWellandgood.com

Selain enak, buah yang satu ini juga bermanfaat untuk mengatasi maag, lho! Alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu proses regenerasi pada dinding lambungmu yang luka. Mengonsumsinya dengan bentuk jus jauh lebih baik agar cepat dicerna oleh tubuhmu. 

5. Konsumsi pisang

Biar Nggak Sakit Lagi, Begini Cara Mengatasi Maag dengan CepatFreepik.com

Kamu pasti tahu buah kuning yang satu ini, dong. Selain rasanya yang enak dan harganya yang murah, pisang juga bermanfaat untuk kesehatan lambungmu. Hal ini karena pisang memiliki pH 5,6 yang mendekati pH netral. Karenanya, buah ini bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung yang kamu alami. 

6. Apel

Biar Nggak Sakit Lagi, Begini Cara Mengatasi Maag dengan CepatPexels.com/Aphiwat chuangcheom

Apel mengandung kalsium, magnesium, dan kalium. Kandungan ini dipercaya mampu meredakan gejala maag yang muncul. Namun, tidak semua apel dapat kamu konsumsi maag menyerang. Pilihlah buah apel berwarna merah dan manis. Jangan pilih buah apel berwarna hijau karena rasanya yang cenderung asam. 

7. Jangan merokok!

Biar Nggak Sakit Lagi, Begini Cara Mengatasi Maag dengan Cepatsaga.com

Saat maag kondisi lambungmu sedang terluka dan sensitif terhadap asam. Merokok hanya akan memperburuk lambungmu. Walaupun kamu sudah mengonsumsi obat pereda asam lambung, percuma saja jika kamu tidak bisa menahan hasrat untuk merokok. Selain itu, seluruh tubuhmu juga akan terkena racun yang dikandung rokok. Jadi, akan lebih baik jika kamu menghindarinya saat terkena maag maupun tidak, ya!

8. Hindari makanan penyebab asam lambung

Biar Nggak Sakit Lagi, Begini Cara Mengatasi Maag dengan CepatPixabay.com/ritae-19628

Saat maag menyerang, kamu harus seteliti mungkin menghindari makanan-makanan yang dapat menaikkan kadar asam lambungmu. Makanan-makanan itu antara lain: lemon, jeruk, bawang merah, bawang putih, tomat, peppermint, dan makanan pedas. Hindari makanan-makanan ini agar kamu tidak memperburuk kondisi lambungmu yang sudah terluka. 

Jadi, sudah tahu kan cara mengatasi maagmu jika tiba-tiba datang? Intinya, kamu harus selalu menjaga apa yang kamu konsumsi dan menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi lambungmu. Selamat mencoba!