Pernah mengalami masalah bau kaki? Pastinya ini sangat menjengkelkan, ya. Selain mengganggu diri sendiri, bau kakimu juga bisa mengganggu orang-orang di sekitarmu. Kamu pun akan dicap jorok karenanya. Pastinya nggak mau hal itu terjadi, kan?

Bau kaki sendiri bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Mulai dari kebersihan kaki yang buruk, kaus kaki dan sepatu yang kotor, hingga produksi keringat berlebih pada kaki yang akhirnya bersinergi dengan bakteri untuk memunculkan bau tidak sedap.

Lalu, bagaimana ya cara mudah dan cepat mengatasinya? Ikuti cara-caranya di bawah ini, yuk!

1. Cuci kakimu dengan bersih

Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang MenggangguFootfiles.com

Permukaan kulit kakimu bisa jadi adalah akar masalah bau kakimu. Langsung menggunakan kaus kaki dan sepatu tanpa mencuci kakimu terlebih dahulu adalah hal yang buruk, lho. Kaki yang kotor adalah sarang dari bakteri, bakteri bisa menimbulkan bau. 

Oleh karena itu, jangan lupa cuci kakimu dengan bersih menggunakan sabun dan keringkan. Hal ini untuk meminimalisir berkembangnya bakteri di kakimu yang akan semakin memperburuk kondisi ketika kakimu berkeringat. 

2. Gunakan deodoran

Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang MenggangguPopbela.com/The Body Shop

Selain bisa digunakan untuk ketiakmu, ternyata penggunaan deodoran pada kaki bisa secara efektif mencegah bau kaki, lho! Deodoran mengandung senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan bau pada kulit. Sebaiknya, gunakan deodoran berjenis bubuk atau spray agar menjaga kakimu tetap kering. 

3. Ganti kaos kaki secara rutin

Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang MenggangguPopsugar.com

Tahu nggak sih, kaos kaki yang tidak rajin kamu ganti dan cuci merupakan gudang bakteri. Di sana, tertumpuk beragam bakteri, kotoran, hingga keringat dari kakimu. Bisa bayangkan jika semua itu tercampur menjadi satu akan berbau seperti apa? Jadi, cucilah kaos kakimu setiap minggu dan ganti kaus kakimu 3 kali seminggu atau bahkan setiap hari, ya!

4. Rendam dengan air garam

Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang Menggangguhonestdocs.id

Garam, bahan satu ini pasti bisa kamu temukan dengan mudah di dapur, kan? Jika kamu biasa menggunakan garam untuk menambahkan rasa pada masakkan, kali ini coba deh gunakan garam untuk kakimu. Salah satu caranya adalah dengan merendam kaki dengan garam. 

Cara ini terbukti ampuh sebagai relaksasi, meredakan eksim, dan pastinya bisa menghilangkan bau kakimu. Caranya mudah, campurkan 1sdm garam dengan 4 gelas air air hangat. Rendam kakimu selama 5-15 menit dan angkat lalu keringkan. 

5. Gunakan obat kumur

Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang MenggangguAnninhthudo.vn

Sesuai namanya, obat kumur memang biasanya digunakan dengan cara dikumur pada mulut untuk menghilangkan bakteri, kotoran, dan bau pada mulut. Namun, merendam kakimu dengan larutan obat kumur juga efektif untuk menghilangkan bau kakimu. 

Obat kumur memiliki sifat antimikroba yang dapat memberantas bakteri penyebab bau pada kakimu. Caranya, campurkan 250ml obat kumur dengan air secukupnya. Rendam kakimu selama 5-10 menit, angkat lalu keringkan. 

6. Gunakan teh untuk merendam kaki

Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang Menggangguzennedout.com

Teh untuk kaki? Memang bisa? Pasti bisa, dong! Teh mengandung asam tanat yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki dan mengurangi produksi keringat pada kaki. Ampuh bukan? bakteri dan keringat adalah 2 hal dasar penyebab bau kaki. 

Caranya, seduh teh dalam dua gelas air panas selama 5-10 menit. Tunggu sampai suhu air menjadi hangat dan rendam kakimu selama 30 menit. Jika sudah, angkat kakimu dan keringkan. 

7. Gunakan lemon

Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang MenggangguEpicurious.com

Buah satu ini memang nggak pernah terlewat jika membicarakan soal manfaatnya untuk tubuh. Lemon memiliki sifat antibakteri, hal ini dapat mengatasi kelebihan keringat dan bakteri pada kakimu yang menyebabkan bau. 

Caranya, potong lemon dan usapkan pada kulit kakimu secara merata. Diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah mengering, cuci dengan air dan keringkan. Selain bisa menghilangkan bau, kakimu juga bisa berbau segar karena aroma dari lemon itu sendiri. 

8. Hindari menggunakan kaos kaki dan sepatu lembap

Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang MenggangguFootwearnews.com

Apa kamu pernah mengalami kaus kaki dan sepatumu yang masih basah padahal harus kamu pakai saat itu juga. Karena terpaksa, kamu pun akhirnya menggunakannya. Lain kali, hindari hal yang satu ini, ya Bela. Air yang terkandung pada kaus kaki dan sepatumu akan bercampur dengan keringat dan akhirnya memunculkan bau tidak sedap. Selain itu, kulit lembab yang terperangkap dalam sepatumu akan menjadikannya rentan iritasi. Jadi, jangan coba melakukan hal yang satu ini, ya!

Nah, itu dia cara-cara menghilangkan bau kakimu secara cepat dan mudah. Dengan cara-cara di atas, dijamin bau kakimu pasti pergi! Selamat mencoba!