Melakukan hubungan seks memang sangat nikmat dan menyenangkan. Akan tetapi, hubungan seksual juga bisa memungkinkan terjadinya pertukaran bakteri. Oleh karenanya, kamu bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa hal setelah berhubungan seks berikut ini.

1. Minum air putih

Saat berhubungan seksual tubuh akan kehilangan banyak cairan yang keluar lewat keringat. Selain itu, tenggorokan biasanya juga akan terasa kering sehabis bercinta karena bernapas lewat mulut terbuka dan mengatakan hal-hal panas lainnya saat sedang asik berhubungan. Oleh karena itu, selalu sediakan segelas air putih setelah kamu berhubungan seks untuk mengembalikan cairan yang hilang tersebut.

2. Buang air kecil

Saat berhubungan seksual bakteri bisa saja masuk ke dalam saluran kencing. Akibatnya, risiko terjadinya infeksi saluran kencing pun akan meningkat. Oleh karena itu, buang air kecil setelah berhubungan seksual dapat membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kencing.

Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Berhubungan SeksGreatist.com

3. Membersihkan kemaluan

Setelah melakukan hubungan seks biasanya tubuh memang akan terasa sangat lelah. Akan tetapi, sebaiknya kamu jangan langsung tidur. Cuci dan bersihkan terlebih dahulu organ intim untuk mencegah paparan infeksi atau bakteri.

4. Berpakaian longgar

Setelah melakukan hubungan seks, sebaiknya kenakan pakaian longgar dengan bahan katun yang dapat menyerap keringat. Hindari mengenakan pakaian yang membatasi sirkulasi udara. Sebab, ketika organ intim menjadi panas dan lembap, area tersebut bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur.

Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Berhubungan Seksfreepeople.com

5. Konsumsi probiotik

Mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan probiotik setelah melakukan hubungan seks dapat membantu menyeimbangkan kadar bakteri baik di vagina maupun penis. Dengan begitu organ intim kamu akan tetap sehat dan terhindar dari infeksi bakteri jahat.

6. Berendam di bak mandi atau setidaknya membersihkan diri dengan suhu air yang nyaman (hangat)

Bagi perempuan, salah satu kegiatan yang dapat kamu pertimbangkan untuk dilakukan setelah melakukan hubungan seks adalah berendam di dalam bak mandi dengan menambahkan extra-virgin coconut oil. Hal tersebut membantu melembapkan kulit vagina dan meredakan pembengkakan atau iritasi setelah melakukan hubungan seks.

Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Berhubungan SeksCoveteur.com

7. Kembali bermesraan

Jangan beranjak pergi atau langsung kembali sibuk dengan kegiatan masing-masing terlebih dahulu setelah melakukan hubungan seks. Sebab, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal personality and social psychology bulletin, kembali bermesraan setelah melakukan hubungan seks akan melepaskan hormon oksitosin yang membuat kamu merasa lebih nyaman dengan pasangan.

Nahitu dia hal-hal yang wajib kamu lakukan setelah melakukan hubungan seks. Perlu diingat, semua ini demi menjaga kesehatan dirimu dan pasangan. Jadi, jangan sampai justru membahayakan diri dan pasangan ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Berhubungan Seks"

Baca Juga: 7 Cara Merawat Miss V yang Benar Agar Sehat Alami