Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian semua perempuan. Oleh karena itu, untuk menggapai impian tersebut seharusnya kamu juga menjaga salah satu anggota tubuh penting yang dapat menunjang penampilan dan rasa percaya diri, yaitu payudara. Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit memang akan berkurang dan menyebabkan payudara menjadi kendur.

Akan tetapi bukan hanya itu saja, ternyata kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan juga bisa menyebabkan payudara mengendur lebih cepat. Kebiasaan apa saja itu? Simak informasi jelasnya berikut ini!

1. Kecanduan alkohol

Terlalu sering minum minuman beralkohol nyatanya dapat berakibat buruk bagi kesehatan, salah satunya menyebabkan kerusakan kolagen pada tubuh. Jika demikian, payudara pun akan menjadi kendur, serta kulit di sekitarnya terlihat kusam. 

2. Kurang olahraga

Kurang berolahraga bisa menjadi salah satu penyebab payudara menjadi kendur. Hal ini karena otot-otot kecil di sekitar dada tidak pernah dilatih sehingga menjadi lemas. Untuk menjaga kesehatan payudara, kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti push up.

7 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Payudara Mengendur, Segera Hindari! 

3. Salah memilih bra

Salah satu tips menjaga agar payudara tetap kencang adalah dengan memilih bra yang sesuai dengan bentuk dan ukuran payudara yang kamu miliki. Sebab, penggunaan bra yang salah dapat membuat payudara bekerja terlalu keras untuk menahan beratnya, sehingga payudara akan semakin cepat "menua" dan mengendur.

4. Merokok

Rokok merupakan musuh terbesar bagi payudara. Sebab, kebiasaan merokok dapat memengaruhi bentuk payudara yang diakibatkan oleh racun-racun dan kandungan berbahaya lainnya. Hal ini karena rokok dapat mengganggu darah mengalir ke permukaan kulit, sehingga menyebabkan penuaan dini dan payudara menjadi kendur.

7 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Payudara Mengendur, Segera Hindari! 

5. Posisi tidur tengkurap

Bagi perempuan, posisi tidur ternyata memiliki peranan penting dalam kesehatan payudara. Salah satu posisi salah yang biasa dilakukan adalah tidur tengkurap.

Sebab, saat tidur dalam posisi tengkurap, tubuh akan menekan payudara sehingga berisiko membuatnya menjadi kendur. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering memilih tidur dalam posisi ini.

6. Berat badan yang kerap berubah

Kebanyakan perempuan pasti menginginkan berat badan yang ideal. Sayangnya, untuk mendapatkan hal tersebut sering kali mereka melakukan diet yang tidak teratur sehingga menyebabkan berat badan tidak stabil. Akibatnya, kulit akan meregang mengikuti bentuk tubuh saat berat badan naik maupun turun, dan kulit akan mengendur karena terlalu sering meregang.

7 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Payudara Mengendur, Segera Hindari! 

7. Duduk, berdiri, dan berjalan dengan posisi yang salah

Apabila kamu terlalu sering duduk, berdiri, dan berjalan dengan posisi bahu membungkuk sebaiknya hati-hati. Sebab, ternyata postur tubuh yang tidak ideal bisa memengaruhi bentuk payudara. Pada dasarnya, kondisi tersebut akan memicu payudara menjadi kendur dikarenakan otot-otot di sekitar payudara melemas.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut sangat sering kita lakukan baik secara sadar ataupun tidak. Jika sudah tahu bisa membahayakan kesehatan seperti ini, apakah kamu masih mau melakukannya?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Payudara Mengendur, Segera Hindari!"

Baca Juga: Ini 11 Gerakan untuk Dapatkan Payudara Kencang sekaligus Sehat