Saat badan mulai terasa tidak sedang dalam keadaan sehat atau mulai muncul gejala demam, beberapa orang akan memilih untuk memijat badannya agar kembali terasa nyaman. Sayangnya, ternyata pijat tidak boleh dilakukan dalam kondisi sembarangan. Sebab, beberapa kondisi kesehatan justru akan menjadi semakin buruk jika ditambah dengan pijat. Kondisi apa saja itu? Simak informasi jelasnya berikut ini.

1. Demam

Melakukan pijatan dalam kondisi suhu tubuh yang tidak normal ternyata justru memiliki efek buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, memijat dalam kondisi demam akan membuat suhu tubuh menjadi terlalu panas dan dapat berakibat pecahnya pembuluh darah. 

2. Gangguan kulit

Melakukan pijatan di area kulit yang mengalami masalah seperti memar, luka terbuka, ruam, dan lainnya justru bisa berdampak buruk. Sebab, hal tersebut dapat mengakibatkan kondisi kulit yang lebih parah dari yang sebelumnya.

7 Kondisi Kesehatan yang Membuatmu Tidak Boleh Pijat, Jangan Dipaksa! Goop.com

3. Hipertensi

Tekanan darah tinggi sangat rentan mengalami pembuluh darah yang pecah ketika dipijat terlalu keras. Oleh karenanya, tekanan darah tinggi yang ditambah dengan pijat secara keras dapat berdampak pada pembuluh darah yang pecah. Akan tetapi, pijatan pelan masih terbilang aman dan dapat ditolerir.

4. Osteoporosis

Kondisi di mana tulang bermasalah dan rusak sangat tidak dianjurkan untuk dipijat. Hal ini karena masalah tulang seperti pengeroposan menyebabkan tulang sangat rapuh dan bisa saja hancur jika mengalami tekanan yang berlebihan. Konsultasikan terlebih dahulu jika kamu tetap ingin melakukan pijatan dalam keadaan tulang yang memiliki masalah.

7 Kondisi Kesehatan yang Membuatmu Tidak Boleh Pijat, Jangan Dipaksa! sanfordhealth.org

5. Hernia

Seseorang yang menderita hernia pada dasarnya lebih disarankan untuk melakukan operasi daripada pijat. Hal ini karena pijatan dapat memperparah keadaan penderita, sedangkan operasi bisa membantu mendorong kembali organ yang menonjol secara lebih aman.

6. Varises

Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh dara vena yang disebabkan oleh penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Kondisi di mana seseorang mengalami varises sangat tidak disarankan untuk melakukan pijatan. Sebab, varises bisa jauh lebih parah ketika kamu memijatnya.

7 Kondisi Kesehatan yang Membuatmu Tidak Boleh Pijat, Jangan Dipaksa! marieclaire.com.au

7. Flu

Penyakit flu merupakan salah satu penyakit yang masuk dalam kategori penyakit menular. Untuk itu, pijat bukanlah solusi untuk membuat tubuh menjadi lebih baik. Sebab, pijatan yang salah justru bisa berisiko besar memperburuk kondisi tubuh yang terserang flu.

Beberapa kondisi kesehatan tersebut sebaiknya kamu pertimbangkan untuk melakukan pijatan. Oleh karenanya, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya lebih aman.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN TImes dengan judul "7 Kondisi Kesehatan yang Membuatmu Tidak Boleh Pijat, Jangan Dipaksa!"

Baca Juga: Biar Lebih Rileks, Ikuti 6 Langkah Pijat Wajah Ini Yuk!