Karang gigi merupakan kondisi di mana munculnya lapisan seperti kotoran berwarna kekuningan atau kecoklatan pada garis gusi. Masalah pada gigi ini sangat sulit dihilangkan meski telah dibersihkan atau disikat berulang kali. Untuk menghindarinya, kamu harus mengetahui penyebab terjadinya karang gigi untuk mengurangi risikonya. Berikut ini beberapa penyebab karang gigi yang perlu kamu tahu.

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa DiremehkanJenniferfugo.com

Makanan manis dan lengket seperti permen dan cokelat sangat sering tertinggal di sela gigil. Akibatnya, sisa makanan tersebut menjadi sumber makanan bagi bakteri perusak gigi. Bakteri tersebut akan menghasilkan zat asam perusak email gigi dan berkembang menjadi karang gigi.

2. Jarang menggosok gigi

Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa DiremehkanFreepik.com

Menggosok gigi merupakan cara termudah untuk menjaga kesehatan gigi. Untuk itu, jika kamu tidak melakukannya secara rutin, maka sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi akan memicu munculnya bakteri. Dalam kondisi tersebut bakteri akan bersarang dan berkembang sehingga gigi akan berkarang dan rusak.

3. Merokok

Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa DiremehkanSaga.com

Kebiasaan merokok sudah jelas hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Selain merusak jantung dan paru-paru, merokok juga dapat memicu munculnya karang gigi. Hal ini karena rokok memiliki zat kimia berbahaya yang dapat membentuk plak gigi.

4. Terlalu sering mengonsumsi makanan berkabohidrat tinggi

Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa DiremehkanUnsplash.com/pixzolo

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dipercaya dapat mempercepat penumpukan plak di sela-sela gigi dan gusi. Hal ini karena karbohidrat merupakan zat yang sangat disukai oleh mikroorganisme di mulut. Sehingga, sisa makanan yang mengandung karbohidrat tidak disikat secara bersih maka akan menjadi tempat berkembang biak bakteri.

5. Kurang konsumsi sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan gigi. Tidak hanya itu, menggigit dan mengunyahnya secara teratur dapat membantu membersihkan gigi secara alami. Sehingga, jika kamu kurang makan sayur dan buah maka karang gigi akan lebih mudah muncul.

6. Minuman bersoda

Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa DiremehkanUnsplash.com/roastedtuna

Tidak hanya jenis makanan saja yang dapat memengaruhi munculnya karang gigi. Sebab, minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami karang gigi. Hal ini karena sifat soda yang tajam dan kerap membahayakan email gigi.

7. Upaya membersihkan karang gigi yang salah

Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa DiremehkanNypost.com

Terkadang kamu pasti berusaha untuk membersihkan karang gigi sendiri tanpa bantuan dokter, bukan? Nah, jika salah melakukannya, hal tersebut justru dapat menyebabkan iritasi pada gusi. Gusi akan berdarah karena upaya yang salah saat membersihkan karang gigi. 

Karang gigi yang tidak ditangani dengan baik dapat memperburuk keadaan gigi dan gusi. Oleh karenanya, cobalah lakukan hal sederhana untuk menghindarinya dengan rutin membersihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa Diremehkan"