Bagi seorang pencinta kopi, rasanya sudah bukan hal yang asing lagi jika mengonsumsi kopi dalam segala kondisi tanpa memerhatikan kesehatan. Hal ini karena banyak orang yang lebih memiliki mengonsumsi sarapan ditemani secangkir kopi hangat atau justru meminum kopi saat perut kosong.

Sayangnya, hal tersebut sudah jelas adalah ide yang buruk. Sebab, dampak buruk bagi kesehatan bisa saja terjadi. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mengganggu penyerapan nutrisi

Kandungan kafein dalam kopi berperan untuk mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh melalui kinerja ginjal. Oleh karena itu, orang yang gemar minum kopi juga akan gemar ke kamar mandi untuk buang air. Hal ini lah yang mengakibatkan tubuh tidak memiliki waktu untuk penyerapan mineral dalam tubuh.

7 Dampak Buruk Minum Kopi Saat Perut Kosong, Jangan Menantang Tubuhmu unsplash.com/Nate Dumlao

2. Dehidrasi

Selain mengganggu penyerapan nutrisi, minum kopi saat perut kosong juga dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan sering membuang air kecil yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan secara drastis. Akibatnya tubuh akan terasa lemas, sakit kepala, bahkan pingsan.

3. Mudah stres

Meminum kopi ternyata tidak menimbulkan efek tenang dan menghilangkan stres lho. Sebab, kopi justru dapat menimbulkan kegelisahan, stres, dan juga perubahan suasa hati. Hal ini karena saat kamu minum kopi dalam keadaan perut kosong, maka kandungan kafein akan merangsang sistem saraf sehingga kamu lebih mudah merasa stres dan cemas.

7 Dampak Buruk Minum Kopi Saat Perut Kosong, Jangan Menantang Tubuhmu bakwenaspa.co.za

4. Memicu gangguan hormon

Minum kopi saat perut kosong dapat mengganggu produksi hormon kortisol yang berperan penting pada sistem yang membuat kita terbangun dari tidur.  Akibatnya, kandungan kortisol yang sangat tinggi akan membuat kamu ketergantungan dengan kafein untuk menghilangkan rasa kantung.

5. Asam lambung naik

Kopi dengan kandungan kafein atau dekafein sekalipun ternyata dapat merangsang produksi asam pada tubuh. Oleh karenanya, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman perut sehingga lambung mengalami gangguan. Gejala ini biasanya ditandai dengan mulas sepanjang hari.

6. Kerusakan gigi

Dehidrasi yang disebabkan oleh meminum kopi saat perut kosong ternyata berpengaruh pada menurunnya jumlah magnesium dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan mengalami masalah kesehatan seperti kerusakan gigi. Tidak hanya itu, peran penting magnesium yang hilang juga dapat menyebabkan osteoporosis, migrain, dan hipertensi.

7 Dampak Buruk Minum Kopi Saat Perut Kosong, Jangan Menantang Tubuhmu spearmintdental.com

7. Depresi

Minum kopi saat sarapan dengan kondisi perut masih kosong ternyata dapat membuat produksi hormon serotonin terhambat. Akibatnya kamu akan mengalami penyakit yang berhubungan dengan mental seperti depresi. Hal ini karena hormon serotonin berperan sebagai hormon yang mengatur perasaan senang, bahagia, dan nyaman.

Minum kopi sebagai sarapan sebenarnya dapat berpengaruh baik jika sebelumnya kamu sudah mengisi perut dengan asupan makanan. Sebab, makan sebelum minum kopi dapat memberikan efek positif dan membuat tubuh menjadi lebih segar dan terjaga dari kantuk. Jadi, kafein dalam tubuh juga akan beraksi baik jika tubuh sudah mengonsumsi cukup nutrisi sebelumnya.

Penulis: M. Tarmizi Murdianto

Baca Juga: Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan