Merawat gigi tidak hanya cukup dengan menggosok gigi saja. Namun, kita juga perlu menjauhi kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning. Akan tetapi, bagaimana jika gigi sudah terlanjur berubah warna? Berikut ini beberapa tips sederhana untuk memutihkan gigi secara mudah, yang dapat kamu lakukan, tanpa harus ke dokter.

1. Menjaga kebersihan gigi

Menjaga gigi untuk tetap bersih merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mencegah agar gigi tidak berubah warna menjadi kekuningan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan benang gigi dan obat kumur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab, dilansir dari askthedentist, penggunaan pasta gigi berpemutih tidak terlalu memengaruhi warna putih gigi.

2. Hindari kebiasan buruk perusak gigi

Selain akibat penumpukan plak, gigi yang berubah warna juga dapat terjadi akibat makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Beberapa makanan dan minuman tersebut seperti kopi, anggur merah, minuman bersoda, dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Untuk itu, jika kamu ingin mendapatkan gigi yang putih sebaiknya hindari makanan dan minuman tersebut.

Ini 7 Cara Mudah Kembalikan Warna Putih pada Gigidentalcentral.com

3. Menggunakan obat kumur

Selain menyikat gigi, kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk membersihkan rongga mulut. Meski tidak mengandung bahan pemutih, namun obat kumur sangat efektif untuk membersihkan gigi dari warna makanan dan memberikan efek napas yang lebih segar.

4. Menggunakan siwak

Siwak merupakan salah satu bahan yang diyakini dapat membersihkan gigi sejak zaman dahulu. Meski demikian, siwak tidak hanya dapat membersihkan gigi, akan tetapi juga bisa menjaga kekuatan gigi. 

Ini 7 Cara Mudah Kembalikan Warna Putih pada Gigiofsmiles.com

5. Menggunakan minyak kelapa

Meski terdengar asing, ternyata sudah banyak orang yang menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa untuk memutihkan gigi. Sebab, minyak kelapa dipercaya mampu membuat membuat gigi lebih sehat. Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata pada gigi setelah selesai menyikat gigi dan bilas setelah 20 menit didiamkan.

6. Menggunakan stroberi

Kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent pada stroberi ternyata dapat membantu mengembalikan warna putih gigi sekaligus menghilangkan plak yang mengganggu. Oleh karenanya, kamu bisa gunakan stroberi sebagai pasta gigi ketika hendak membersihkan gigi.

Ini 7 Cara Mudah Kembalikan Warna Putih pada Gigidailymail.co.uk

7. Menggunakan baking soda dan lemon

Salah satu yang paling efektif untuk mengembalikan warna putih pada gigi adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan perasan air lemon. Oleskan campuran tersebut secara merata hingga ke seluruh gigi dan diamkan selama satu menit. Kemudian, bersihkan menggunakan sikat gigi secara perlahan-lahan.

Ini 7 Cara Mudah Kembalikan Warna Putih pada Gigipinterest.com

Itu dia beberapa cara mudah untuk mengembalikkan warna putih pada gigi yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Tanpa harus ke dokter gigi dan mengeluarkan uang dalam jumlah besar, kamu juga bisa tampil dengan senyuman yang menarik lho. Selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Gak Harus ke Dokter, Ini 7 Cara Mudah Kembalikan Warna Putih pada Gigi"