Pekerjaan yang menumpuk bisa saja membuatmu sering lembur dan merasa capek. Untuk mengatasi hal tersebut, tidur sebaik mungkin adalah salah satu solusi untuk tetap bisa menjaga kesehatan. Tapi apa jadinya jika kamu masih kelihatan capek padahal sudah menyempatkan tidur? Faktanya, ternyata ada alasan lain kenapa matamu masih terlihat capek meskipun kamu nggak membiasakan begadang. Cari tahu yuk!

1. Alergi

Meski Sering Tidur, Ini 5 Alasan Kenapa Matamu Terlihat Lelahsimplemost.com

Alergi disebabkan karena adanya pelepasan zat kimia seperti histamin yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga aliran di bawah mata juga ikut melebar. Selain itu, histamin juga bisa membuat penumpukan cairan di bawah mata sehingga membentuk lingkaran gelap pada mata jika terlalu sering menggosok atau menggaruk mata. Maka dari itu sebaiknya kamu mengompres dingin mata semalaman untuk mengurangi pembengkakan.

2. Otot mata tegang

Meski Sering Tidur, Ini 5 Alasan Kenapa Matamu Terlihat Lelahkaboompics.com

Mata yang terlihat lelah juga bisa disebabkan karena mata yang terlalu lama memandang layar komputer. Otot mata yang tegang bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata menjadi membesar. Cobalah untuk memberikan mata istirahat dari layar komputer dengan atauran 20/20/20 yaitu setiap 20 menit melihat suatu benda dari jarak 20 kaki selama 20 detik.

3. Dehidrasi

Meski Sering Tidur, Ini 5 Alasan Kenapa Matamu Terlihat Lelahkinnyms.com

Dehidrasi tidak hanya menyebabkan kulit kering dan rentan jerawat, ternyata dehidrasi juga bisa menjadi penyebab mengapa seseorang bisa terlihat capek meskipun sudah cukup tidur. Pasalnya dehidrasi bisa mengganggu aliran darah dan menurunkan kinerja hati.

4. Usia

Meski Sering Tidur, Ini 5 Alasan Kenapa Matamu Terlihat Lelahnlimedspa.com

Perubahan usia juga bisa menjadi penyebab kantung mata menjadi gelap dan terlihat capek. Semakin bertambahnya usia, kulit menjadi kehilangan elastisitas sehingga bisa mengendur. Produksi lemak dan kolagen pada kulit pun juga akan menurun seiring bertambahnya usia. Hal inilah yang bisa membuat kulit menjadi tipis dan terbentuknya kantung mata.

5. Makanan asin

Meski Sering Tidur, Ini 5 Alasan Kenapa Matamu Terlihat Lelahtasteofprague.com

Kalau kamu pernah merasakan mata bengkak pada pagi hari dan besoknya sudah kembali seperti biasa, maka bisa jadi hal itu disebabkan karena kamu terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mulai mengurangi asupan garam ataupun memakai masker kopi untuk menyempitkan pembuluh darah.

Baca Juga: Ternyata Ini Dia Penyebab Mata Panda!