Lagi enak-enaknya tidur, eh tiba-tiba terbangun tengah malam. Apa kamu pernah mengalaminya? Ada banyak hal yang bisa jadi penyebabnya. Bisa jadi kamu kebelet buang air kecil, sakit perut, atau mengalami mimpi buruk.

Selain tiga penyebab di atas, masih ada penyebab lain yang membuatmu sering terbangun saat tidur di malam hari. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Terlalu banyak pikiran sebelum tidur

Beban pikiran tidak hanya membuatmu sulit tidur, tapi juga mengganggu kualitas tidurmu. Alhasil, kamu sering terbangun meski baru tidur selama 1-2 jam saja.

Untuk itu, coba abaikan hal apapun yang dapat menambah beban pikiran, terutama sebelum tidur di malam hari. Dapatkan pikiran yang rileks dan tenang, sehingga kualitas tidurmu terjaga dengan baik

2. Merasa tertekan

Rasa tertekan yang kamu alami saat beraktivitas di siang hari dapat memicu rasa cemas dan gelisah. Hal ini secara tidak langsung membuatmu sulit mendapatkan tidur yang tenang. Akibatnya, kamu sering terbangun di malam hari. Gak hanya sekali saja, tapi berkali-kali.

Sebelum tidur, coba luangkan waktu untuk relaksasi sejenak. Misalnya menonton TV, membaca buku, atau mendengarkan lagu untuk menghilangkan tekanan yang ada dalam dirimu.

Sering Terbangun Saat Tidur di Malam Hari? Ini 6 Penyebabnya!refinery29.com

3. Tidak enak badan

Saat pencernaanmu bermasalah atau kepalamu sedang pusing, kamu cenderung sulit tidur di malam hari. Kalaupun tertidur, ujung-ujungnya pasti terbangun sebelum waktunya. Sebelum tidur, coba pastikan kalau badanmu dalam kondisi baik dan sehat. Jangan ragu untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu bila ini membuat tubuhmu merasa lebih baik.

4. Faktor usia

Seiring dengan bertambahnya usia, waktu tidur yang kamu butuhkan akan semakin berkurang. Yang tadinya 7-8 jam per hari mendadak berubah menjadi 4-6 jam saja per hari. Hal ini mulai kamu rasakan saat usiamu menginjak angka 40-an nanti.

Sering Terbangun Saat Tidur di Malam Hari? Ini 6 Penyebabnya!refinery29.com

5. Pengaruh hal-hal di sekitar

Hal-hal yang ada di sekitar juga mempengaruhi kualitas tidurmu, lho! Ambil contohnya, lampu kamar. Kamu yang tidak terbiasa tidur dengan penerangan yang berlebihan pasti akan merasa terganggu dan sering terbangun apabila cahaya lampu berbeda dari biasanya. Hal yang sama juga berlaku untuk suhu udara dan letak perlengkapan tidur.

6. Waktu tidur sudah melampaui batas

Waktu tidur malam yang dibutuhkan orang yang sudah tidur siang cenderung lebih singkat daripada orang yang sama sekali tidak tidur siang. Jadi bagi kamu yang sering tidur siang, hal yang sangat wajar apabila kamu sering terbangun di malam hari. Bangun ini adalah pertanda kalau waktu tidurmu sudah cukup sehingga memejamkan mata setelah terbangun pasti akan terasa sulit untukmu.

Semoga penjelasan di atas menjawab pertanyaan untukmu yang sering tiba-tiba terbangun di malam hari.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Sering Terbangun Saat Tidur di Malam Hari? Ini 6 Penyebabnya!"

Baca Juga: Bikin Tidur Jadi Nyenyak, Ini 7 Cara Alami Atasi Insomnia