Bulan Ramadan sudah di depan mata. Apakah kamu sudah siap, Bela? Nggak hanya menyiapkan waktu untuk bersilahturahmi dan bukber dengan teman atau saudara, kamu juga wajib menyiapkan fisik agar tetap fit saat menjalani puasa nanti. Nah, biasanya saat puasa tubuh menjadi lemas dan mudah mengantuk. Agar hal tersebut tidak terjadi, yuk intip tipsnya dari Popbela berikut ini. Keep scrolling!

1. Konsumsi makanan bergizi saat buka dan sahur

Lakukan 7 Tips Ini Supaya Nggak Lemas dan Ngantuk Saat Puasapinterest.com

Apa yang kamu konsumsi saat buka dan sahur sangat berpengaruh pada kondis tubuh. Untuk itu penting untuk memerhatikan makanan yang masuk dalam tubuh. Saat buka puasa, kadar glukosa sedang dalam keadaan rendah, untuk itu konsumsilah makanan manis sebanyak 15%, 30% makanan  besar, dan 15% makanan kecil.

2. Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik

Lakukan 7 Tips Ini Supaya Nggak Lemas dan Ngantuk Saat Puasajuliepark.com

Saat puasa tubuh tentu kehilangan cairan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang akhirnya membuat kamu merasa lemas. Oleh karena itu, saat buka dan sahur, pastikan kebutuhan tubuh akan air tercukupi. Kamu bisa menggunakan pola 2-4-2, dimana kamu meminum dua gelas air saat berbuka, empat gelas sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur. Mengonsumsi buah-buahan juga bisa jadi cara untuk menghidrasi tubuhmu lho.

3. Tidur cukup dan berkualitas di malam hari

Lakukan 7 Tips Ini Supaya Nggak Lemas dan Ngantuk Saat Puasagingerlily.com

Selain rasa lemas, rasa kantuk pun jadi salah satu hal yang sulit dilawan saat menjalani ibadah puasa. Tips yang perlu digarisbawahi adalah, bukan berapa lama kamu tidur, tapi seberapa baik kualitas tidurmu. Walaupun hanya tidur selama empat atau lima jam, tapi jika tidurmu berkualitas, tubuh akan terasa segar dan berenergi. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan menyesuaikan suhu ruangan, mematikan lampu, dan menyemprotkan aromaterapi pada sarung bantal.

4. Bergerak atau jalan kaki

Lakukan 7 Tips Ini Supaya Nggak Lemas dan Ngantuk Saat Puasagreatist.com

Biasanya, saat menjelang siang hari, rasa lemas mulai dirasakan. Jika kamu hanya diam saja, maka dipastikan rasa lemas itu akan semakin menguat. Oleh karena itu, jangan malas bergerak. Kamu bisa melakukan gerakan kecil di balik mejamu. Keluar sebentar untuk berjalan kaki dan mencari udara segar juga nggak ada salahnya. Hal ini akan membantu kadar oksigen meningkat sehingga rasa kantuk menghilang.

5. Cuci muka dan istirahat sejenak

Lakukan 7 Tips Ini Supaya Nggak Lemas dan Ngantuk Saat Puasabeautyeditor.ca

Ini merupakan cara paling mudah dan juga ampuh untuk mengusir rasa lemas dan kantuk di siang hari. Cuci mukamu dengan air dingin agar terasa segar. Istirahat juga selama 10 menit akan membuat rasa lemas dan kantuk hilang.

6. Lakukan latihan pernapasan

Lakukan 7 Tips Ini Supaya Nggak Lemas dan Ngantuk Saat Puasawelnis.com

Menarik napas akan meningkatkan kadar oksigen dan memicu kerja otak. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan secara perlahan. Ulangi beberapa saat hingga pikiran kembali segar.

7. Jangan lupakan olahraga

Lakukan 7 Tips Ini Supaya Nggak Lemas dan Ngantuk Saat Puasafitwirr.com

Olahraga bisa membantu tubuh tetap fit meski kamu sedang berpuasa. Cukup lakukan olahraga ringan seperti senam atau yoga selama 30 menit di pagi hari.

Itu tadi tujuh tips yang bisa kamu coba agar tidak merasa lemas dan mengantuk saat bulan puasa nanti. Semoga artikelnya bermanfaat yah.

BACA JUGA: Nggak Kuat Olahraga? Coba 3 Cara Ini Biar Tetap Sehat​