Memiliki kulit tubuh yang halus, mulus, dan cerah merata tentunya jadi impian setiap wanita. Namun, berbagai faktor dari luar terkadang menyebabkan beberapa bagian tubuh menjadi gelap dan menghitam. Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah bagain ketiak. Lalu apa yang menyebakan ketiak menjadi hitam dan tampak gelap? Coba simak di bawah ini yuk!

1. Iritasi akibat mencukur

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kulit Ketiak Menjadi Hitamsungazing.com

Mencukur ternyata menjadi salah satu penyebab ketiak menjadi hitam, apalagi jika tidak dilakukan dengan benar. Ini karena ketiak merupakan salah satu bagian yang sensitif dan rentan terhadap iritasi. Untuk mencegahnya, lakukanlah kegiatan mencukur setelah kamu mandi agar ketiak lebih halus dan lembut. Jangan lupa juga gunakan krim pencukur.

2. Penggunaan deodoran

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kulit Ketiak Menjadi Hitamthesun.co.uk

Menurut beberapa penelitian, penggunaan deodoran juga menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam. Ini disebabkan karena adanya beberapa bahan kimia yang terdapat di dalamnya. Untuk kamu yang ingin mengurangi penggunaan deodoran agar kulit ketiak tidak semakin hitam, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon dan baking soda sebagai penggantinya.

3. Penumpukkan sel kulit mati

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kulit Ketiak Menjadi Hitambeautysecretexposed.com

Menumpuknya sel kulit mati, terutama di daerah yang memiliki banyak lipatan seperti ketiak, juga membuat ketiak terlihat gelap. Jadi, sama seperti wajah dan bagian tubuh yang lain, ketiak juga membutuhkan eksfoliasi. Gunakan lulur atau scrub dan gunakan dua hingga tiga kali seminggu untuk mendapatkan kulit ketiak yang lebih cerah.

4. Hiperpigmentasi

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kulit Ketiak Menjadi Hitamhuffingtonpost.com

Hiperpigmentasi merupakan keadaan dimana keadaan kulit menjadi lebih gelap dan timbul bercak coklat pada kulit. Hal ini disebabkan karena meningkatnya produksi melanin pada tubuh. Untuk penanganannya sendiri, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

5. Memakai baju terlalu ketat

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kulit Ketiak Menjadi Hitamtshirt.assane.com

Memakai baju terlalu ketat biasanya akan menimbulkan gesekan pada kulit ketiak. Hal inilah yang membuat kulit ketiak menjadi lebih gelap dan hitam. Jadi, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan pakaian ketat. Pakailah baju yang longgar agar kulit ketiak tetap dapat bernapas.

6. Acanthosis nigricans

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kulit Ketiak Menjadi Hitamthesun.co.uk

Acanthosis nigricans merupakan suatu kondisi kesehatan dimana bagian-bagian yang memiliki lipatan dan biasanya tertutup seperti siku, lutut, tengkuk, dan ketiak menggelap dan menjadi hitam. Hal ini biasanya berkaitan dengan gangguan produksi insulin.

7. Infeksi bakteri

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kulit Ketiak Menjadi Hitamelle.co.za

Bakteri yang menempel di ketiak tidak hanya membuat bau badan menjadi timbul, namun juga menyebabkan ketiak menghitam. Bakteri yang menyebabkan menghitamnya ketiak ini dikenal dengan nama corynebacterium minutissimum. ​

Nah, setelah tahu tujuh penyebab ketiak hitam, pastikan kamu merawat ketiakmu dengan baik dan benar yah!

BACA JUGA: Cuek, 7 Selebritas Dunia Ini Tampil Pede Dengan Bulu Ketiak