Menangis adalah hal umum yang terjadi ketika kita sedang merasa terlalu senang atau saat merasa sedih. Walaupun banyak yang menganggap menangis itu terkesan cengeng, ternyata di balik keluarnya air mata tersebut menangis memiliki banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh lho. Apa saja sih manfaatnya? Baca terus yuk!

1. Meningkatkan Suasana Hati

Diam-diam, Tangisanmu Bisa Membawa 5 Manfaat Positif IniDok. Reader's Digest

Setelah menangis, pasti kamu merasa lebih baik kan? Ini karena menangis terbukti dapat meningkatkan mood atau suasana hati. Ketika air mata keluar, tubuh memproduksi zat endorfin. Zat endorfin sendiri merupakan hormon yang membantu tubuh untuk menstabilkan mood, pikiran, dan juga keseimbangan emosi.

2. Menyehatkan mata

Diam-diam, Tangisanmu Bisa Membawa 5 Manfaat Positif IniDok. Reader's Digest

Air mata yang keluar bermanfaat untuk melembapkan mata dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Selain itu air mata juga membantu mengelurakan kotoran dan debu yang menumpuk di dalam mata. Dengan cara ini, penglihatan mata kamu akan lebih jernih.

3. Menghilangkan Stres

Diam-diam, Tangisanmu Bisa Membawa 5 Manfaat Positif IniDok. The Independent

Selain meningkatkan mood, menangis juga dapat meringankan bahkan menghilangkan stres. Hal ini karena air mata membantu menurunkan hormon stres yang dikenal dengan nama kortisol. Selain itu, saat menangis tekanan darah pun ikut menurun, sehingga kamu merasa lebih lega dan tenang setelah menangis.

4. Membunuh bakteri

Diam-diam, Tangisanmu Bisa Membawa 5 Manfaat Positif IniDok. Refinery29

Hah? Kok bisa? Ternyata, air mata mengandung cairan lysozyme yang bisa membunuh bakteri hingga 95%. dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri tersebut. Selain itu, menurut penelitian, air mata juga mengandung properti antimikroba yang dapat melindungi tubuh.

5. Mengeluarkan racun

Diam-diam, Tangisanmu Bisa Membawa 5 Manfaat Positif IniDok. Refinery29

Sama seperti saat berkeringat, menangis juga ikut membantu tubuh melakukan proses pembuangan racun atau yang biasa dikenal dengan nama detoksifikasi. Dengan mengeluarkan air mata, segala zat yang tak berguna bagi tubuh pun akan ikut terbuang. Jadi lebih sehat deh!

Jadi, jangan malu lagi untuk menangis yah, Bela!

BACA JUGA: Ketahui  5 Manfaat Baik Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh​