Jatuh cinta merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh manusia. Tapi, tahukah kamu, ketika kamu jatuh cinta, ternyata hal ini membawa banyak efek baik untuk tubuhmu. Mulai dari menghilangkan stres hingga meningkatkan kekebalan tubuh, coba simak manfaat jatuh cinta untuk tubuh di bawah ini ya!

1. Mengurangi rasa cemas dan stres

Jangan Takut Jatuh Cinta! Ini 7 Manfaatnya untuk Kamucosmpolitan.com

Saat jatuh cinta, rasa stres dan cemas biasanya akan jarang dirasakan. Ini karena saat jatuh cinta tubuh memproduksi hormon oksitosin yang berguna menghambat rasa stres atau depresi tersebut.

2. Membantu menyembuhkan luka lebih cepat

Jangan Takut Jatuh Cinta! Ini 7 Manfaatnya untuk KamuFreepik.com

Menurut penelitian dari Ohio University Medical Center, orang yang sudah menikah dan memiliki hubungan yang baik dan harmonis dua kali akan lebih cepat sembuh ketika terluka dibanding mereka yang tidak sedang jatuh cinta.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Jangan Takut Jatuh Cinta! Ini 7 Manfaatnya untuk Kamu

Memiliki imunitas yang baik membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit dan jatuh cinta bisa membantu imunitas tubuh jadi lebih meningkat. Kenapa? ketika jatuh cinta tubuhmu akan mengalirkan energi positif yang baik bagi tubuh sehingga membuatnya menjadi lebih kuat.

4. Menurunkan tekanan darah yang tinggi

Jangan Takut Jatuh Cinta! Ini 7 Manfaatnya untuk Kamufreepik.com

Punya masalah dengan darah tinggi? Mungkin jatuh cinta bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu. Ini karena menurut penelitian, saat seseorang jatuh cinta, secara tidak sadar ia akan membangun hubungan yang positif dengan orang di sekitarnya. Ini pun akan membuat tekanan darah menjadi lebih normal.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jangan Takut Jatuh Cinta! Ini 7 Manfaatnya untuk Kamupinterest.com

Saat jatuh cinta, saraf otonom dalam tubuh akan bekerja lebih otonom. Selain itu, saraf simpatis juga akan bekerja lebih baik saat kamu sedang jatuh cinta. Hal ini akan membantu membuat denyut nadi jadi lebih normal serta kerja jantung lebih optimal.

6. Membuat kulit glowing

Jangan Takut Jatuh Cinta! Ini 7 Manfaatnya untuk Kamupinterest.com

Pernah melihat orang yang sedang kasmaran terlihat lebih bahagia dan memancarkan aura yang berbeda serta terlihat lebih glowing? Jatuh cinta membuat tubuh memproduksi hormon oksitosin yang akan membuat kamu terlihat lebih bahagia. 

Oksitosin juga membantu kadar kortisol, si pemicu stres, jadi menurun. Nggak cuma itu, jatuh cinta juga membantu melancarkan aliran darah sehingga wajah kamu akan tampak fresh dan merona.

7. Membuat panjang umur

Jangan Takut Jatuh Cinta! Ini 7 Manfaatnya untuk Kamuelitedaily.com

Menurut penelitian, pasangan yang memiliki hubungan harmonis memiliki risiko mati muda lebih rendah 24% dibanding mereka yang tidak bahagia atau mereka yang tidak dalam sebuah hubungan. Kabar baiknya, bukan sekadar tentang pasangan, mereka yang memiliki hubungan sosial yang baik dengan keluarga dan pasangan juga memiliki kesempatan hidup lebih panjang dibanding mereka yang tidak.

Nah itu dia manfaat jatuh cinta yang dapat dirasakan oleh tubuh. Jadi, sudah siap jatuh cinta, Bela?

Baca Juga: 7 Hal dalam Diri Gadis Pemalu yang Bikin Lelaki Jatuh Cinta

Baca Juga: 7 Hal dalam Diri Gadis Pemalu yang Bikin Lelaki Jatuh Cinta

Baca Juga: 7 Manfaat Berciuman yang Baik untuk Kesehatan Tubuh