Sinar matahari yang terik serta cuaca yang panas tentunya membuat tubuh jadi mudah terasa lengket, gerah, serta berkeringat. Rasanya, jika sudah seperti yang ingin dilakukan adalah mandi dengan air dingin agar tubuh terasa segar kembali. Tapi, apakah boleh mandi saat tubuh sedang berkeringat?

Boleh Nggak Sih Mandi Saat Berkeringat? Cari tahu Di Sini!pageone.com

Banyak yang mengatakan mandi saat berkeringat bisa menyebabkan timbulnya bercak putih pada tubuh atau biasa dikenal dengan sebutan panu. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar. Dilansir dari alodokter, keringat yang terdapat di permukaan kulit akan bersatu dengan minyak dan juga kotoran, hingga membuat permukaan kulit menjadi lebih lembap dan berbau tidak sedap. Kondisi lembap inilah yang sangat disukai oleh jamur penyebab panu.

Walaupun tidak menyebabkan panu, namun bukan berarti kamu boleh mandi saat tubuh masih dalam keadaan berkeringat. Pasalnya, saat sedang berkeringat, suhu tubuh masih dalam tinggi dan pori-pori kulit masih terbuka.

Boleh Nggak Sih Mandi Saat Berkeringat? Cari tahu Di Sini!independent.co.uk

Jika kamu mandi, panas di dalam tubuh tidak keluar sehingga pembuluh darah akan menyempit.​ Hal inilah yang biasanya menyebabkan tubuh jadi semakin berkeringat walaupun sesudah mandi. Tak hanya itu, ketika tubuh masih dalam keadaan panas, lalu disiram air, tubuh bisa merasa kaget. Hal ini bisa membuat kamu mengalami demam.

Jadi, sebaiknya tunggu keringat mengering dan suhu tubuh kembali normal sebelum mandi yah, Bela. Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA: Ini 7 Penyebab Bau Pada Miss V yang Perlu Kamu Tahu​