Makanan berlemak biasanya jadi salah satu hal yang dihindari oleh banyak orang, terutama perempuan. Padahal, tidak selamanya lemak itu buruk lho. Ada juga makanan yang mengandung lemak baik yang justru memberi manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko penyakit jantung. Makanan seperti apa yah? Baca terus yah!

1. Ikan

Meski Mengandung Lemak Tinggi, 7 Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsiinspiredtaste.net

Ikan seperti salmon, tuna, dan makarel memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui, selain baik untuk kesehatan jantung, omega 3 juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak. Jadi, masukkanlah ikan salmon dalam menu makanmu sebanyak paling tidak dua porsi dalam seminggu.

2. Alpukat

Meski Mengandung Lemak Tinggi, 7 Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsipinchandswirl.com

Buah berwarna hijau yang satu ini memang dikenal dengan kandungan lemak baiknya. Selain juga baik untuk jantung, kandungan lemak yang ada di dalam alpukat juga dapat membantu meringankan gejala osteoarthritis atau peradangan pada sendi. Jika kamu mengonsumsinya dengan makanan lain, alpukat akan membantu penyerapan nutrisi lebih baik.

3. Kacang-kacangan

Meski Mengandung Lemak Tinggi, 7 Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsireadersdigest.ca

Kacang mengandung lemak, vitamin E, magnesium, serat, dan protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi kacang cenderung lebih sehat dan memiliko risiko lebih rendah menderita obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Pastikan kamu memilih kacang yang diolah dengan sedikit garam, gula, dan tanpa minyak tambahan. Batasi juga konsumsinya sekitar 30 gram per hari. 

4. Minyak zaitun

Meski Mengandung Lemak Tinggi, 7 Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsibaumancollege.org

Minyak zaitun mengandung lemak menyehatkan yang dapat membantu menutunkan tekanan darah mengatur kadar koleterol. Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi dapat membantu meredakan inflamasi. Gunakanlah minyak zaitun ketika kamu memasak atau sebagai dressing salad.

5. Cokelat hitam

Meski Mengandung Lemak Tinggi, 7 Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsianchalblogs.com

Gemar makan cokelat? Then, good for you! Cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung berbagai zat mineral yang baik bagi tubuh seperti zat besi, magnesium, mangan, dan tembaga. Selain kaya akan antioksidan, mengonsumsi cokelat hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, dan menangkal efek buruk sinar matahari. 

6. Telur

Meski Mengandung Lemak Tinggi, 7 Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsimyrecipes.net

Telur yang merupakan sumber protein yang sangat baik berfungsi dalam memberikan energi bagi tubuh. Kandungan vitamin serta asam folat yang terdapat dalam telur pun sangat menyehatkan bagi tubuh. Jadi, jangan ragu jadikan telur sebagai menu sarapan atau sebagai pelengkap nasi goreng favoritmu.

7. Keju

Meski Mengandung Lemak Tinggi, 7 Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsiindependent.co.uk

Selain mengandung kalsium yang tinggi, keju juga mengandung vitamin B12, fosfor, dan selenium. Asam lemak yang terdapat pada keju juga membantu untuk menurunkan risiko terkena penaykit dibaetes 2.

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, kini kamu tak perlu khawatir lagi mengonsumsi makanan di atas!

BACA JUGA: Sadar Nggak Sih Kalau 4 Makanan Ini Bebas Masa Kadaluwarsa?