Mandi pasti sudah menjadi rutinitas yang kamu lakukan setiap hari. Tiap paginya setelah kamu bangun, kamu akan masuk ke kamar mandi, menyalakan air, dan mulai melakukan ritual membersihkan tubuh, wajah, dan rambut. Mungkin juga sesekali mengaplikasikan scrub badan dan mencukur di beberapa bagian. Namun, sadarkah kamu, mungkin ada beberapa kesalahan yang kamu lakukan saat sedang mandi. Apa saja yah? Baca terus di bawah ini yuk!

Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Mandi Yuk!

Mandi dengan air hangat memang bagus untuk membantu peredaran darah menjadi lebih lancar, tapi tidak dengan air panas. Dilansir dari Self.com, suhu air yang terlalu panas bisa membuat pori-pori kulit terbuka dan membuat kulit kehilangan minyak alaminya. Hal inilah yang bisa membuat kelembapan kulit menjadi berkurang sehingga kulit terasa kering.

Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Mandi Yuk!

Sabun mandi dengan wangi yang menyegarkan memang menyenangkan untuk digunakan. Tapi apakah kandungan yang terdapat di dalamnya cocok untuk kulit tubuhmu? Kebanyakan sabun, terutama yang cair, mengandung berbagai bahan seperti wewangian, pengawet, serta sulfat yang kurang cocok untuk kulit sensitif karena dapat menimbulkan iritasi. Untuk mencegahnya, kamu bisa memilih sabun yang ditujukan untuk kulit sensitif.

Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Mandi Yuk!

Ini merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Kamar mandi merupakan salah satu tempat dimana bakteri berkembang. Jika kamu meninggalkan loofah atau spons mandi di kamar mandi, terutama dalam keadaan basah, maka kemungkinan besar loofah-mu akan jadi sasaran empuk bakteri. Nggak mau dong menggunakan loofah yang penuh kuman?

Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Mandi Yuk!

Mengaplikasikan scrub memang jadi ritual mandi yang tidak boleh dilewatkan. Dengan rajin menggunakan scrub, tubuh pun akan terlihat lebih cerah karena kotoran serta sel kulit mati yang menumpuk terbuang dengan sempurna. Namun, bukan berarti kamu boleh melakukannya setiap hari lho. Eksfoliasi yang berlebihan hanya akan membuat jaringan kulit menjadi rusak. Jadi, cukup lakukan scrubbing sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Mandi Yuk!

Pelembap, baik untuk tubuh maupun wajah, dapat bekerja maksimal saat kulit masih dalam keadaan lembap. Jadi ada baiknya kamu mengalikasikan lotion sesaat setelah kamu selesai mandi, saat kulit masih dalam keadaan lembap. Dengan begini, kulit dapat menyerap lotion dengan lebih baik. Hal ini juga penting dilakukan jika kamu baru saja mencukur lho.

Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Mandi Yuk!

Mandi memang dapat membersihkan tubuh. Tapi, bukan berarti kamu harus sering melakukannya dalam sehari lho. Mandi dapat mengurangi kelembapan tubuh. Justru, menurut penelitian, mandi sehari sekali saja sudah terlalu banyak. Namun, jika kamu termasuk orang yang mudah berkeringat dan merasa gerah, kamu tetap boleh mandi sebanyak dua kali sehari, tapi pastikan kamu mempersingkat waktu mandimu.

Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Mandi Yuk!

Mencukur juga menjadi ritual mandi yang cukup sering dilakukan. Namun, hal ini akan bahaya jika kamu menggunakan alat yang sama secara terus-menerus. Jika kamu menggunakan alat yang sama untuk mencukur, berarti secara tidak langsung kamu baru saja mentransfer bakteri ke kulitmu. Eww!

Semoga setelah membaca ulasan ini, kamu nggak akan melakukan kesalahan-kesalahan saat mandi lagi yah!

BACA JUGA: Terungkap, Mandi yang Sehat Hanya Membutuhkan Waktu 90 Detik!​