Pandemi virus corona masih menyita perhatian. Berbagai cara pun dilakukan masyarakat agar tidak tertular virus tersebut. Mulai dari memakai masker, melakukan physical distancing, rajin mencuci tangan, hingga menggunakan hand sanitizer. Namun, apakah hand sanitizer yang kamu gunakan mengandung bahan berbahaya?

Jangan Gunakan Hand Sanitizer-mu Jika Ada Kandungan Ini!

Pada dasarnya, etanol atau ethyl alcohol menjadi bahan utama dalam cairan pembersih tangan. Namun, belum lama ini Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat menemukan beberapa produk hand sanitizer yang mengandung metanol.

Metanol, atau dikenal juga sebagai alkohol kayu, sendiri merupakan zat kimia yang beracun dan tidak disarankan untuk dipakai secara langsung apalagi pada kulit manusia. Ini karena zat yang satu ini bisa menimbulkan berbagai efek samping bagi tubuh seperti mual, muntah, sakit kepala, hingga penglihatan kabur dan kerusakan pada saraf.

Jangan Gunakan Hand Sanitizer-mu Jika Ada Kandungan Ini!

FDA pun memperingatkan untuk tidak menggunakan hand sanitizer yang beracun atau mengandung bahan berbahaya. Jadi, jangan lupa untuk cek komposisi produk yang kamu gunakan!

Baca Juga: Bangga, Deretan Brand Lokal Ini Turut Luncurkan Hand Sanitizer Lho!

Baca Juga: Ini Golongan Darah yang Lebih Kebal Terinfeksi Virus Corona 

Baca Juga: Bikin yang Sehat Merasa Sakit, Ini Gejala Palsu COVID-19