Dalam menurunkan berat badan, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan berdiet. Seiring berkembangnya jaman, jenis diet pun semakin banyak dan membuat kita bingung menentukan mana diet yang paling cocok untuk tubuh kita. Selain itu, banyaknya jenis diet jadi membuat kita melakukan kesasalahan-kesalahan yang justru membuat kita gagal dalam menurunkan berat badan. Yuk, intip 7 kesalahan berdiet yang pelu kamu hindari di bawah ini!

Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Ingin Dietmu Sukses

Siapa di antara kamu yang selalu menghitung jumlah kalori dari makanan yang kamu konsumsi? Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar lho, Bela. Karena, dibanding mementingkan jumlah kalori yang masuk, lebih baik kamu mengutamakan kualitas kalori tersebut.

Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Ingin Dietmu Sukses

Dalam berdiet, ada baiknya untuk mengurangi atau bahkan sama sekali tidak menggunakan produk kimia, termasuk pemanis buatan. Pasalnya, produk makanan yang mengandung kimia akan menghasilkan racun dalam tubuh kita yang membuat kita susah untuk menurunkan berat badan. Untuk mengakalinya, daripada menggunakan pemanis buatan, kamu bisa memakai madu alami sebagai pemanis yang jauh lebih sehat.

Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Ingin Dietmu Sukses

Belakangan ini, muncul berbagai minuman kesehatan berupa jus dalam botol yang katanya bisa mendetoksifikasi tubuh kita dari racun. Padahal tubuh kita memiliki sistem detoksifikasi sendiri, yaitu melalui liver. Liver sendiri membutuhkan vitamin B dan kolin untuk melakukan kerjanya. Kedua hal ini justru tidak ditemukan dalam minuman tersebut. Jadi, dengan meminum jus detoks dalam kemasan sebenarnya kita sedang menghambat liver untuk melakukan proses detoks yang alami.

Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Ingin Dietmu Sukses

Pasti ada diantara kamu yang menjaga pola makan di kala weekdays, dan menerapkan cheat day di kala weekend. Ternyata hal ini justru tidak baik untuk tubuh lho, Bela. Labih baik, kamu menerapkan pola makan yang sama setiap hari. Dan kamu tetap boleh memakan apa saja yang kamu mau asal takarannya tidak berlebihan.

Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Ingin Dietmu Sukses

Banyak yang mengira bahwa tidak makan sama sekali akan membuat berat badan turun. Ternyata tidak lho. Ketika kita tidak makan, tubuh akan kelaparan dan untuk mengatasinya tubuh akan menghasilkan enzim lemak untuk membuat tubuh tetap merasa kenyang dan hal ini akan membuat pembakaran lemak jadi sulit. Jadi, jangan lewatkan makan siang atau malammu lagi yah.

Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Ingin Dietmu Sukses

Menghindari lemak dalam berdiet juga merupakan kesalahan lho. Jika tubuh kita mengonsumsi cukup lemak, makan dengan otomatis tubuh akan menekan nafsu makan dan menghasilkan hormon yang membuat kita tetap kenyang. Jika lemak yang kamu konsumsi merupakan lemak baik, tubuh akan bisa memediasi respon ke karbohidrat dan protein yang dapat menjaga kadar gula darah. Tipsnya, kamu bisa mengonsumsi lemak baik seperti alpukat dan chia seed.

Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Ingin Dietmu Sukses

Berolahraga terus-menerus tidak akan membuatmu tubuhmu kurus dalam sekejap. Tubuh juga butuh berisitirahat, agar bisa bekerja dengan baik. Jika kamu terus memaksakan tubuhmu untuk bekerja lebih dari seharusnya, hal ini justru akan memperlambat metabolisme tubuh dan menjadi susah untuk menurunkan berat badan.

Dihindari yah, Bela, kesalahan-kesalahan ini!

BACA JUGA: Buat Kamu Yang Malas Olahraga, Ini 9 Cara Mudah Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menurunkan Berat Badan​