Menurunkan berat badan bukanlah proses yang instan. Butuh kedisiplinan, komitmen, dan kesabaran. Walau kadang tak mudah, tapi kita bisa, lho, menurunkan berat badan hingga 4 kilogram (kg) hanya dalam kurun waktu seminggu.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa 4 kg tersebut tidak murni berupa lemak tubuh. Kelebihan cadangan air juga berkontribusi di dalamnya. Ingin tahu apa saja yang perlu kamu lakukan agar berat badan berhasil menyusut hingga 4 kg dalam seminggu? Simak cara menurunkan berat badan berikut ini!

1. Kurangi jumlah kalori harianmu, ini cara-caranya!

Turunkan Berat Badan Hingga 4 Kg dalam Seminggu dengan 7 Cara Mudahalldesign.com

Faktor penting untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengontrol jumlah asupan kalori harian. Kalau ini tidak diperhatikan, berat badan akan sulit turun. Berikut ini beberapa cara untuk menguranginya:

  • Hitung jumlah kalori dari makanan yang kamu konsumsi jika memungkinkan. Kamu bisa menggunakan aplikasi penghitung kalori yang tersedia di smartphone;
  • Sebisa mungkin, hindari ngemil, terutama di malam hari menjelang tidur;
  • Perbanyak minum air putih, jangan minum yang manis-manis;
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah sebagai pengganti makanan-makanan olahan dan snack.

2. Coba metode intermittent fasting

Turunkan Berat Badan Hingga 4 Kg dalam Seminggu dengan 7 Cara Mudah

Kamu juga bisa mencoba intermittent fasting atau diet puasa. Metode ini dilakukan dengan cara berpuasa selama beberapa hari, tetapi kamu tetap bisa minum. Dengan begitu, asupan kalori dipaksa untuk berkurang.

Ada banyak protokol yang bisa kamu coba dalam intermittent fasting. Misalnya 16 jam berpuasa dan 8 jam makan, atau 20 jam berpuasa dan 4 jam makan. Metode ini akan semakin efektif ketika kamu mengombinasikannya dengan olahraga. 

3. Pilih olahraga kardio dan angkat beban

Turunkan Berat Badan Hingga 4 Kg dalam Seminggu dengan 7 Cara Mudah

Olahraga adalah faktor yang tak kalah penting saat ingin menurunkan berat badan. Namun pertanyaannya, apa olahraga untuk mempercepat proses tersebut?

Jawabannya adalah kardio dan angkat beban.

Keduanya memang terdengar cukup berat, tetapi sangat efektif untuk mempercepat proses pembakaran kalori dan lemak tubuh. Dilansir Healthline, kedua jenis olahraga tersebut terbukti mampu mengurangi lemak dan karbohidrat yang tersimpan di dalam otot. 

4. Minimalkan asupan karbohidrat dan gantikan dengan protein

Turunkan Berat Badan Hingga 4 Kg dalam Seminggu dengan 7 Cara Mudahhealthspectra.com

Pantangan pertama yang harus kamu taati ketika ingin memangkas bobot berlebih adalah karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana. Contohnya nasi putih, mi, roti tawar, dan pasta. Jenis-jenis makanan ini mudah dicerna. Tubuh akan dengan cepat mengubah kalori di dalamnya menjadi glukosa, sehingga memicu penumpukan lemak. 

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang kaya protein. Contohnya telur, kacang-kacangan, ayam, salmon, udang, kedelai, dan lain sebagainya. Asupan tersebut membutuhkan waktu yang panjang untuk dicerna, sehingga kamu jadi tak mudah lapar.

5. Tips kurangi berat badan yang disebabkan oleh cairan tubuh yang berlebihan

Turunkan Berat Badan Hingga 4 Kg dalam Seminggu dengan 7 Cara Mudah

Seperti penjelasan di atas, bukan hanya lemak yang berkontribusi terhadap berat badan, kandungan air yang berlebihan juga berpengaruh. Maka dari itu, penting untuk mengurangi air, sehingga tubuh akan tampak lebih langsing. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan:

  • Kurangi konsumsi garam;
  • Minum air dengan cukup, sehingga cairan berlebih bisa cepat keluar dari tubuh;
  • Minumlah kopi dan teh yang bersifat diuretik atau merangsang buang air kecil;
  • Fokus pada makanan-makanan sehat;
  • Konsumsi suplemen yang mengandung magnesium.

6. Jangan konsumsi junk food

Turunkan Berat Badan Hingga 4 Kg dalam Seminggu dengan 7 Cara Mudahjamienelsonphoto.com

Junk food adalah pantangan terbesar ketika sedang diet. Makanan tersebut tinggi akan kalori, tidak mengandung nutrisi yang cukup, kaya akan lemak jahat, karbohidrat, dan garam. Selain itu, junk food juga tak baik untuk kesehatanmu. 

Berikut ini makanan yang termasuk dalam kategori junk food yang perlu dihindari:

  • Makanan olahan seperti sosis, nugget, dan frozen food lainnya;
  • Permen;
  • Makanan ringan seperti keripik dan lain sebagainya;
  • Aneka kue;
  • Makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, ayam goreng, dan lain-lain.

7. Kurangi konsumsi makanan manis

Turunkan Berat Badan Hingga 4 Kg dalam Seminggu dengan 7 Cara Mudah

Makanan dan minuman manis memang bisa memberikanmu energi tambahan. Namun, itu tidak baik dikonsumsi ketika kamu sedang berupaya menurunkan berat badan.

Ketika kadar gula di tubuhmu meningkat, hati semakin gencar memproduksi insulin untuk memecahnya. Hal ini kemudian mendorong penyimpanan lemak di jaringan, terutama di sekitar perut. 

Sebaliknya, ketika kamu mengurangi konsumsi gula, kalori yang disimpan dalam bentuk lemak akan berkurang. Efek lainnya adalah kamu tak mudah merasa lapar dan proses metabolisme bisa ditingkatkan. 

Terakhir, kunci keberhasilan diet adalah komitmen yang kuat. Tanpanya, kamu akan tergoda untuk berhenti dan menyerah. Walaupun begitu, diet juga harus mementingkan kesehatan tubuh. Jangan biarkan keinginan menurunkan berat badan justru membuatmu sakit. Selamat mencoba cara-cara menurunkan berat badan di atas dan semoga berhasil, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan 4 Kg dalam Seminggu, Wajib Coba!"