Manusia ternyata bisa meninggal karena kelelahan. Salah satu buktinya adalah peristiwa yang terjadi di bulan Mei lalu. Tercatat 412 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa daerah di Indonesia meninggal dunia diduga karena kelelahan dan bekerja nonstop saat Pemilu 2019.

Walaupun begitu, kelelahan yang menyebabkan kematian adalah fenomena yang tidak umum. Berikut fakta-faktanya!

1. Mati karena kelelahan disebut dengan karoshi

Karoshi adalah istilah dari bahasa Jepang yang berarti fenomena kematian akibat kelelahan bekerja. Karoshi berasal dari kata “karo” yang berarti kerja paksa dan “shi” yang berarti kematian. Dilansir dari BBC, pada tahun 2015, angka kematian karena lelah bekerja di Jepang meningkat cukup tinggi hingga 2.310 jiwa.

2. Bekerja terlalu keras menyebabkan stres

Kerjaan menumpuk ditambah dengan tuntutan menyelesaikan semuanya sebelum deadline. Belum lagi jika target pekerjaan belum terpenuhi. Kondisi ini dialami oleh hampir semua pekerja. Badan lelah, pikiran pun lelah. Inilah yang menyebabkan orang yang bekerja terlalu lama dan keras bisa mengalami stres.

7 Penyebab Meninggal karena Kelelahan, Kenali Batasanmu dalam Bekerja health.com

3. Stres bisa memicu serangan jantung

Saat stres, jantung akan bekerja lebih keras daripada biasanya. Tidak hanya itu, level stres juga berbanding lurus dengan tekanan darah. Inilah mengapa orang yang terlalu banyak bekerja dapat terkena serangan jantung, terutama untuk orang yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

4. Kelelahan dan penyakit jantung memiliki hubungan tak langsung

Saat kelelahan dan level stres meningkat, tubuh melepaskan hormon kortisol dan epinephrine. Keduanya bisa memicu kontraksi hingga serangan jantung.

7 Penyebab Meninggal karena Kelelahan, Kenali Batasanmu dalam Bekerja medicalnewstoday.com

5. Selain itu, kurangnya istirahat juga memperburuk kondisi tubuh

Kebanyakan orang akan lupa waktu jika sudah fokus pada pekerjaan mereka. Tak terasa mereka bekerja hingga larut malam, atau bahkan tidak mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.

6. Bekerja hingga lupa makan

Saking sibuknya, tak jarang seseorang jadi lupa untuk makan. Tubuh pun menjadi lemas dan kekurangan nutrisi untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Ini bisa memperburuk kondisi tubuh yang kelelahan.

7 Penyebab Meninggal karena Kelelahan, Kenali Batasanmu dalam Bekerja independent.co.uk

7. Cara mengatasi kelelahan bekerja

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan bekerja. Pertama, pastikan kamu mendapatkan nutrisi yang cukup, bukan hanya asal makan. Kamu juga harus menjaga pola tidurmu, jangan tidur terlalu larut. Olahraga juga baik untuk kesehatan. Intinya, jaga keseimbangan di hidupmu.

Mencintai pekerjaan memang tidak ada salahnya. Namun kamu harus ingat untuk tidak memaksakan diri bekerja terlalu keras. Ada saat di mana kamu harus berhenti dan beristirahat. Ini akan membuat tubuh dan pikiranmu lebih relaks sehingga siap untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Penyebab Meninggal karena Kelelahan, Kenali Batasanmu dalam Bekerja"

Baca Juga: Hapus Lelahmu di Kantor dengan 5 Cara Ini Yuk!