Hayo ngaku siapa di sini yang suka stalking Instagram Nana Mirdad sambil berharap kalau kamu adalah dirinya? Pasti banyak di antara kamu yang mau punya kehidupan seperti Nana Mirdad, yang bisa tinggal di Bali bersama keluarga kecilnya itu. Eits, di balik kehidupan Nana Mirdad yang kamu lihat di Instagram, ternyata dia menjalani challenge yang penting banget nih, yaitu Eco-Friendly Challenge. Mau tau apa saja yang dilakukan oleh Nana Mirdad selama ikutan challenge ini?

1. Menggunakan sedotan stainless steel

Selalu Memesona, Ini 5 Inspirasi yang Bisa Kamu Ambil dari Nana MirdadShutterstock/Charlie Waradee

Saat menjalankan aktivitas, tentu saja Nana sering menyambangi restoran atau cafe untuk beristirahat atau sekadar untuk menikmati makanan dan minuman sehat. Nah, pasti kamu semua juga tahu kalau di restoran atau cafe kita selalu dikasih sedotan plastik, yang sebenarnya punya implikasi bahaya untuk lingkungan.

Nah, supaya nggak menambah masalah bagi bumi pertiwi, Nana selalu membawa sedotan stainless steel miliknya sendiri. Kalau Nana bisa, kamu pasti juga bisa dong. Berani ganti sedotan plastik dengan sedotan stainless steel?

2. Bawa tas sendiri saat berbelanja

Selalu Memesona, Ini 5 Inspirasi yang Bisa Kamu Ambil dari Nana MirdadShutterstock/Nejc Vesel

Kita pasti kenal dengan orang yang di rumahnya ada kantong plastik berisi puluhan kantong plastik lainnya. Memang sih itu praktis, tapi itu tandanya kamu nggak pernah belanja dengan membawa tas sendiri nih. Nah, berani nggak kamu ikuti apa yang dilakukan Nana Mirdad? Berani kah kamu untuk selalu membawa tote bag ketika berbelanja supaya mengurangi sampah plastik? Hmmm, mungkin hanya kamu dan Tuhan yang bisa menjawab. Tapi, Popbela sih yakin kalau kamu berani.

3. Gunakan tumbler ke mana-mana

Selalu Memesona, Ini 5 Inspirasi yang Bisa Kamu Ambil dari Nana MirdadShutterstock/mentatdgt

Selain bawa-bawa tote bag, Nana juga membawa tumbler ke mana-mana. Tujuannya adalah supaya Nana nggak beli minuman-minuman kemasan ketika dia sedang menjalani kesibukannya. Jadi, dia selalu isi air putih atau kopi di tumbler-nya sebelum berangkat. Nah, kamu juga bisa meniru hal yang sama nih, Bela. Coba bayangkan kalau di Indonesia ini ada jutaan orang punya kesadaran lingkungan yang tinggi. Akan jadi sebersih apa ya Indonesia? Come on, Bela! Show them how we do it!

4. Bawa bekal dalam reusable container

Selalu Memesona, Ini 5 Inspirasi yang Bisa Kamu Ambil dari Nana MirdadShutterstock/Elena Veselova

Bawa bekal adalah langkah strategis buat semua orang. Kamu bisa mengirit uang karena nggak perlu jajan-jajan lagi dan kamu nggak turut serta dalam meningkatnya jumlah sampah plastik di Indonesia. Nah, untuk challenge satu ini, Nana selalu menyiapkan makanan-makanan yang sehat dan lezat, sehingga dia nggak perlu beli makan di luar deh. Ramah di kantong, ramah pula di lingkungan.

5. Rutin minum jus homemade

Selalu Memesona, Ini 5 Inspirasi yang Bisa Kamu Ambil dari Nana MirdadShutterstock/Maridav

Untuk melengkapi gaya hidup sehat, Nana juga rutin mengonsumsi jus yang ia buat sendiri di rumah. Menurut Nana, olahraga teratur dan minum jus juga bagus untuk untuk badan yang lebih sehat. Nah, kalau kamu mau memiliki penampilan seperti Nana Mirdad, mungkin bisa meniru hal yang sering dilakukannya ini. Tapi, gulanya jangan banyak-banyak ya. Bahkan, kalau bisa nggak perlu ditambahkan gula lagi.

6. Menjemur pakaian di bawah sinar matahari

Selalu Memesona, Ini 5 Inspirasi yang Bisa Kamu Ambil dari Nana MirdadShutterstock/Ruslan Sitarchuk

Tinggal di rumah khas Bali membuat Nana Mirdad memiliki banyak ruang terbuka untuk menjemur pakaian. Kebanyakan orang mau yang instan dan bebas repot, jadi mereka mengeringkan pakaian mereka dengan menggunakan mesin. Nah, beda dengan Nana, dia lebih memilih untuk menjemur pakaiannya di bawah sinar matahari. Ternyata, aktivitas sesimpel menjemur pakaian juga bisa jadi aktivitas yang menyenangkan untuk keluarganya lho. Terbukti dari anak-anaknya yang senang ketika diajak untuk menjemur pakaian oleh Nana Mirdad. Namun, sekadar menjemur pakaian secara alami saja belum cukup lho. 

Nana juga memastikan kalau ia mencuci pakain kesayangan milik orang-orang kesayangan dengan menggunakan produk yang eco-friendly. Oleh karena itu, Nana Mirdad menggunakan detergen Molto Natural Care yang terbuat dari bahan-bahan alami. Jadi, nggak cuma bikin baju wangi sepanjang hari tapi juga aman bagi lingkungan karena mengandung biodegradable fragrance yang mudah diuraikan kembali oleh alam.

Jadi, pantas saja kalau Molto Natural Care jadi detergen utama pilihan Nana Mirdad. Nah, kalau kamu mau mengikut jejak Nana Mirdad, Molto Natural Care hadir dalam dua varian nih. Varian UV Protect dengan formula Coconut Oil dan Aloe Vera, serta varian Nourishing dengan formula Almond Oil dan Vanila. Nah, buat kamu yang ingin merasakan langsung sensasi alami dari Molto Natural Care, yuk klik di sini.

Nah, itu dia lima langkah yang Nana Mirdad lakukan selama menjalankan Eco-Friendly Challenge. Selama mengikuti challenge ini, bukan hanya Nana yang mendapatkan manfaat, tapi alam juga mendapatkan manfaat lho, Bela. Jadi, buat kamu yang peduli lingkungan, yuk ikutin Eco-Friendly Challenge bareng Molto Natural Care!