Sistem metabolisme yang kacau sering kali menjadi penyebab utama perut buncit. Metabolisme memang memiliki peranan penting dalam mengubah makanan menjadi energi. Kalau metabolisme berjalan lambat, otomatis kamu akan sulit membakar kalori dan berakhir menjadi lemak di dalam tubuh.

Tapi tahukah kamu jika kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan bisa membuat metabolisme makin memburuk dan perut jadi buncit? Dilansir dari Glam, inilah 5 kebiasaan buruk tersebut.

1. Kurang tidur malam

5 Kebiasaan yang Mengacaukan Sistem Metabolismemu, Awas Buncit!kmag.com

Tidur yang sebentar bisa memperburuk sistem metabolisme. Hal ini karena tubuh terpaksa menghemat energi ketika merasa lelah dibandingkan mengurus metabolisme.

Menurut Josh Axe, pendiri Ancient Nutrition, tidur yang cukup bisa membuat metabolisme berjalan baik dan berat badan terkendali. Karena itu, buatlah prioritas tidur malam antara tujuh hingga sembilan jam.

Namun bila kamu termasuk orang yang diharuskan tidur sebentar seperti dokter jaga, setidaknya siapkan satu hingga dua hari waktu tidur lebih lama dari biasanya. Cara ini dilakukan untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh dan pikiran.

2. Kurangnya aktivitas fisik

5 Kebiasaan yang Mengacaukan Sistem Metabolismemu, Awas Buncit!lordofthemuscle.com

Jangan biarkan tubuh kamu terlalu nyaman duduk di kursi. Kebiasaan ini dapat membuatmu mengurangi aktivitas fisik. Bila kamu membiarkannya, kandungan glukosa (gula darah) tubuh akan meningkat. Dan inilah yang membuat tubuh lebih berkonsentrasi membuang glukosa daripada membakar kalori di siang hari.

Jika terus melakukan kebiasaan ini, perut buncit pun akan terlihat jelas. Ada baiknya ketika sedang berada di kantor, lakukanlah gerakan-gerakan kecil seperti jalan kaki memutari ruangan atau naik turun tangga.

3. Tidak mau makan kalori

5 Kebiasaan yang Mengacaukan Sistem Metabolismemu, Awas Buncit!Instagram.com/jktfoodbang

Takut gemuk membuatmu tidak mau makan kalori. Padahal kebiasan ini justru membuatmu lebih cepat buncit. Tidak mau makan malah membuatmu makan lebih banyak. Rasa lapar yang tidak bisa dibendung akan membuatmu kalap ketika melihat makanan. Alhasil semua makanan justru masuk ke dalam perut.

Ada baiknya kamu melakukan diet sehat dengan memadukan kalori, protein dan vitamin sebagai menu makanan. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga dan tidur teratur ya guys.

4. Terlalu stres

5 Kebiasaan yang Mengacaukan Sistem Metabolismemu, Awas Buncit!refinery29.com

Membiasakan diri berpikir terlalu keras hingga akhirnya terlalu stres adalah hal yang tidak baik untuk tubuh. Tidak hanya bermasalah dengan kesehatan mental dan pikiran, kebiasaan ini juga akan membuat sistem metabolisme menjadi buruk.

Stres membuat hormon kortisol meningkat dengan cepat, hingga membuat kita ingin makan lebih banyak. Ada baiknya alihkan stres dengan kegiatan yang lebih positif, seperti berolahraga, membaca buku, ataupun berkumpul dengan orang yang disayang.

5. Makan makanan olahan

5 Kebiasaan yang Mengacaukan Sistem Metabolismemu, Awas Buncit!phys.org

Karena ingin mempersingkat waktu, tak jarang mengonsumsi makanan olahan jadi cara yang dianggap tepat. Padahal makanan olahan bisa menganggu sistem metabolisme dan meningkatkan radikan bebas penyebab penuaan.

Makanan olahan sendiri ialah makanan yang sudah melewati proses tertentu, seperti pengeringan, pemanasan, pengalengan, pembekuan, pengawetan, pengemasan, dan lainnya. Namun sayangnya proses-proses tersebut tidak baik untuk tubuh. Jadi sebisa mungkin hindari makanan olahan ya guys.

Lima kebiasaan di atas memang sering dilakukan tanpa disadari. Jangan biarkan kebiasaan buruk itu merusak kesehatanmu. Ada baiknya untuk menggantinya dengan kebiasaan baik, contohnya olahraga, tidur teratur, dan makan makanan bergizi. Selamat hidup sehat ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Kebiasaan yang Mengacaukan Sistem Metabolismemu, Awas Buncit!"

Baca Juga: Turunkan Berat Badan, 7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Patut Kamu Coba