Tanpa disadari, banyak kita yang menjalani diet tanpa karbohidrat tapi tidak menyadari efek sampingnya bagi kesehatan. Kurangnya karbohidrat dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, pusing dan mudah lelah. Perlu diingat, fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi, membatasi asupan kalori dan mengurangi resiko penyakit. Jika memang ingin menghindari nasi, kamu bisa menggantinya dengan 5 makanan di bawah ini sebagai alternatif karbohidrat.

1. Oatmeal

Diet Lebih Sehat dengan 5 Makanan Pengganti Nasi IniPexels.com

Salah satu jenis gandum ini dapat membantu mengurangi lemak dan kolesterol. Oatmeal bisa dikobinasikan dengan berbagai macam makanan dan buah seperti pisang atau susu. Oatmeal juga bisa membuat kenyang lebih lama. 

2. Jagung

Diet Lebih Sehat dengan 5 Makanan Pengganti Nasi Inihealthcautions.com

Jika tak suka oatmeal, kamu bisa menggantinya dengan jagung. Makanan ini merupakan sumber vitamin dan kaya mineral serta antioksidan. Tak hanya bikin kenyang, mengonsumsi jagung dapat melindungi jantung, mencegah anemina dan mengurangi resiko wasir.

3. Kentang

Diet Lebih Sehat dengan 5 Makanan Pengganti Nasi Iniparentinghealthybabies.com

Kentang nggak hanya mengandung banyak karbohidrat. Di dalamnya terdapat pati, vitamin E, vitamin K, vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium dan seng. Rutin mengonsumsi kentang bisa meningkatkan fungsi otak, menutrisi kulit, dan menurunkan tekanan darah.

4. Ubi Jalar

Diet Lebih Sehat dengan 5 Makanan Pengganti Nasi Iniourbestbites.com

Jika ingin mengganti nasi dengan karbohidrat yang lebih mengenyangkan, ubi jalar jadi pilihan tepat. Dibandingkan nasi, ubi jalar memiliki rendah lemak dan kalori. Mengonsumsi ubi jalar dapat melancarkan pencernan dan meningkatkan stamina.

5. Quinoa

Diet Lebih Sehat dengan 5 Makanan Pengganti Nasi Inimedicalnewstoday.com

Quinoa mengandung kadar nutrisi tinggi seperti protein nabati, asam amino, asam omega 3 serta serat. Selain itu,, quinoa memiliki zat phytonutrients yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. 

 

BACA JUGA: Ingin Melakukan Detoks Di Rumah? Ketahui 5 Fakta Ini Dulu