Permasalahan emotional eating atau makan secara emosional bukan terletak pada dapur tapi di pikiran kita. Popbela punya 5 tips bagi kamu untuk melawan rasa lapar yang ditimbulkan hanya semata-mata untuk mengatasi emosi. Simak di sini yah!

1. Membuat daftar 5x5

5 Tips Mudah Mengatasi Emotional EatingPexels.com

Ambilah selembar kertas  dan tulis 5 hal yang bisa mengurangi stresmu, misalnya membaca buku, mendengarkan musik yang lembut atau menelpon teman dekat. Tempelkan daftar ini di tempat yang mudah terlihat oleh mata. Jika kamu merasa mulai lapar, pilih salah satu hal dari daftar tersebut dan lakukanlah selama 5 menit. Hal ini bisa membuat perhatianmu teralihkan. 

2. Mengenal pemicunya

5 Tips Mudah Mengatasi Emotional Eatinghappiebb.com

Kebanyakan emotional eaters memiliki pemicu spesifik yang membuat mereka menginginkan makanan asin atau manis. Misalnya, tiba-tiba kamu ingin makan ramen karena menonton drama korea.Jika kamu mengalami hal seperti ini, tulislah dalam selembar kertas untuk membantu menghentikan dirimu makan secara emosional.

3. Minum air mineral

5 Tips Mudah Mengatasi Emotional Eatingsecondwindwater.com

Terkadang haus juga bisa membuatmu terasa lapar. Nah, biar nggak bingung, saat rasa lapar muncul cobalah untuk minum satu atau dua teguk air. 

4. Menyiapkan alternatif makanan yang lain

5 Tips Mudah Mengatasi Emotional EatingPexels.com

Jika makan secara emosional sudah menjadi kebiasaan dan agak susah untuk diatasi, cobalah untuk membuat alternatif makanan yang lebih sehat, misalnya dengan potongan buah-buahan. Kalau ingin makanan manis, sebaiknya konsumsi dark chocolate

5. Mengambil napas lebih dalam

5 Tips Mudah Mengatasi Emotional EatingPexels.com/ Oleksandr Pidvalnyi

Yes, rasa stres bisa jadi salah satu penyebab rasa lapar muncul. Jika kamu mulai merasa tertekan, bernapaslah dalam-dalam dan buang secara perlahan. Ulangi lagi cara ini sebanyak 3 kali. 

 

BACA JUGA: Nggak Susah, Ini Menu Makanan Sehat Biar Dietmu Lebih Berenergi​