Kegunaan rempah-rempah telah dikenal sepanjang sejarah. Ada yang digunakan untuk kebutuhan kuliner, tapi ada juga yang bermanfaat sebagai obat. Kini, hasil penelitian modern menunjukkan bahwa beberapa rempah benar-benar memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Apa saja? Berikut 8 di antaranya.

1. Kunyit

8 Rempah-rempah yang Bagus Untuk KesehatanDok. Health Line

Kunyit telah digunakan selama puluhan tahun untuk mengobati berbagai macam kondisi seperti radang sendi, diabetes, masalah pencernaan dan kanker. Kunyit mengandung komponen aktif bernama curcumin yang dapat menghentikan penyebaran sel kanker. Senyawa tersebut juga membantu mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan melawan inflamasi yang membahayakan tubuh.

2. Lada hitam

8 Rempah-rempah yang Bagus Untuk Kesehatanfreepik.com/KamranAydinov

Lada hitam merupakan salah satu rempah sehat yang merangsang enzim pencernaan pankreas. Enzim tersebut dapat mempercepat penyerapan makanan sehingga nutrisi yang didapat tubuh lebih banyak. Selain itu, lada hitam juga diketahui memiliki sifat antitumor dan antimutagen. Rempah ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas berkat zat antioksidannya.

3. Pala

8 Rempah-rempah yang Bagus Untuk Kesehatanfreepik.com/wirestock

Pala sangat bagus untuk mencegah gigi berlubang. Ia melawan kuman dalam mulut dengan senyawa antibakteri yang dimilikinya. Dengan begitu, gigi penuh plak atau berlubang pun dapat dihindari. Pala juga kaya akan senyawa antiinflamsi yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

4. Jahe

8 Rempah-rempah yang Bagus Untuk KesehatanFreepik.com

Rempah yang cocok dikonsumsi di cuaca dingin ini cukup populer karena dianggap dapat mencegah penyakit berkat kandungan antiperadangan dan antioksidannya. Ia bermanfaat untuk mengobati kelelahan, perut kembung dan gangguan pencernaan. Jahe juga ampuh mengatasi mual.

5. Kayu manis

8 Rempah-rempah yang Bagus Untuk KesehatanHealthline.com

Kayu manis kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit, mulai dari masalah pencernaan hingga diabetes. Sebuah studi mengungkapkan, kayu manis dapat mengatur gula darah dan kadar kolesterol.

6. Oregano

8 Rempah-rempah yang Bagus Untuk Kesehatanfreepik.com/topntp26

Oregano memiliki banyak nutrisi. Ia mengandung vitamin A, C, E, K, B6 serta serat, folar, zat besi, kalsium dan magnesium. Rempah ini juga kaya akan antioksidan dan membantu melawan kanker.

7. Cabai

8 Rempah-rempah yang Bagus Untuk KesehatanUnsplash.com/Elle Hughes

Beberapa studi menyatakan cabai memiliki berbagai manfaat mulai dari mengurangi tekanan darah hingga mencegah sinus. Kini, studi terbaru menyatakan bahwa cabai bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan capsaicinnya dapat meningkatkan suhu tubuh, laju metabolisme serta menurunkan nafsu makan.

8. Bawang putih

8 Rempah-rempah yang Bagus Untuk KesehatanPixabay.com

Senyawa yang terkandung dalam bawang putih diketahui membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, bawang putih juga dapat menangani kolesterol dan tekanan darah tinggi, serta mengganggu pertumbuhan sel kanker.

Nah, itu dia 8 rempah yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Sebaiknya, kamu rajin mengonsumsinya ya, Bela!