Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), sakit punggung akan memengaruhi 80% kehidupan sehari-hari kamu. Sakit punggung sendiri disebabkan oleh beberapa perilaku yang membuat tubuh merasa ‘stres’. Jika kamu sering mengalami sakit punggung, pastikan kamu menghindari 9 kebiasaan buruk berikut:

1. Duduk dalam waktu lama

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit Punggungpexels.com/vladakarpovich

Duduk dalam jangka waktu lama tanpa jeda berdiri atau jalan kaki akan memberikan tekanan pada sendi di punggung bagian bawah. Sendi-sendi ini nantinya tidak dapat bekerja dengan baik karena posisinya terjepit—menyebabkan ketegangan dan rasa sakit di punggung.

2. Menggunakan sepatu yang salah

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit Punggungcoolcreativity.com

Sepatu hak tinggi lebih dari satu inci dapat memberikan tekanan di punggung dan mengubah lengkungan tulang belakang. Akibatnya, otot punggung akan bekerja lebih keras sehingga menyisakan rasa sakit. Oleh sebab itu, penting untuk memilih sepatu yang nyaman digunakan sehari-hari.

3. Postur tubuh yang kurang baik

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit PunggungShutterstock/PR Image Factory

Di era perkembangan teknologi, postur tubuh yang kurang baik jadi hal biasa. Ini karena banyak orang sering menunduk untuk melihat layar smartphone. Mereka juga kerap duduk membungkuk di depan komputer. Postur tubuh yang kurang baik saat duduk, berdiri, atau bahkan tidur, bisa menyebabkan sakit punggung karena bentuk dan lengkungan tulang belakang berubah.

4. Merokok

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit PunggungImperial.ac.uk

Merokok diketahui berkontribusi pada masalah degenerasi tulang belakang. Nikotin menghalangi transportasi oksigen dan nutrisi ke sendi tulang belakang. Degenerasi tulang belakang ini dapat menyebabkan sakit punggung kronis.

5. Kurang olahraga

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit Punggungfreepik.com/yanalya

Otot punggung, tendon, dan ligamen akan melemah jika tidak dijaga kesehatan dan kekuatannya melalui olahraga. Latihan kardiovaskular seperti berenang, berjalan kaki, dan bersepeda direkomendasikan untuk mencegah sakit punggung. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan gerakan fisik yang melatih kelenturan.

6. Tidak mendapat cukup nutrisi

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit Punggungglamour.co.za

Sendi dan jaringan halus di punggung memerlukan nutrisi yang baik. Mengonsumsi makanan sehat membuat otot, ligamen, tendon, dan sistem peredaran darah mendapat nutrisi yang tepat. Dengan begitu, sakit punggung dapat pulih dengan lebih cepat.

7. Tidur di kasur yang kendur

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit Punggungfreepik.com/racool_studio

Kasur yang kendur dapat menyebabkan sakit punggung dan tubuh kaku. Ini karena sulit mempertahankan postur tubuh yang baik di atas kasur yang tidak proporsional. Leher dan tulang belakang harus selalu dalam posisi netral saat tidur.

8. Stres berkepanjangan

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit PunggungFreepik.com

Stres menyebabkan otot leher dan punggung dalam keadaan tegang. Padahal, otot seharusnya rileks. Jika tidak, ada kemungkinan punggung kamu jadi sering sakit.

9. Kelebihan berat badan

Jangan Anggap Remeh! 9 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit Punggungwww.cbsnews.com

Memiliki berat badan ekstra akan membebani otot dan tulang di punggung. Kelebihan berat badan juga memberi tekanan pada sendi lutut dan pergelangan kaki. Ini akan menggeser seluruh pusat gravitasi ke depan sehingga menambah ketegangan pada otot punggung kamu.

Itulah 9 hal yang bisa menyebabkan sakit punggung. Pastikan kamu menghindari hal tersebut ya, Bela!