Ayurveda merupakan sistem pengobatan yang berasal dari India sejak 3.000 tahun lalu. Istilahnya berasal dari bahasa Sansekerta. Ayurveda melihat bahwa penyakit yang dialami seseorang disebabkan oleh ketidakseimbangan atau stres. Oleh sebab itu, Ayurveda mendorong perubahan gaya hidup dan terapi alami sebagai cara untuk mengembalikan keseimbangan dalam tubuh, pikiran, batin dan lingkungan.

Tujuan dari pengobatan Ayurveda adalah menghilangkan racun dalam tubuh, meningkatkan ketahanan terhadap penyakit, mengurangi kecemasan serta menciptakan keharmonisan dalam hidup. Jika tubuh, pikiran, dan jiwa selaras dengan alam semesta, maka kamu diyakini akan memiliki kesehatan yang baik. Sebaliknya, jika ada sesuatu yang mengganggu keseimbangan tersebut, kamu akan sakit.

Mereka yang mempraktikkan Ayurveda percaya bahwa tubuh manusia memiliki energi yang disebut dosha. Dosha mengontrol bagaimana tubuh bekerja. Peluang kamu terkena penyakit atau masalah kesehatan lainnya diyakini berkaitan dengan keseimbangan dosha. Berikut 3 dosha yang dimaksud:

Vata Dosha

Ayurveda, Metode Pengobatan yang Memperhatikan Keseimbangan EnergiPexels.com/Tirachard Kumtanom

Dalam pandangan Ayurveda, Vata Dosha dipercaya sebagai dosha terkuat. Ia mengontrol fungsi dasar tubuh, seperti bagaimana sel-sel terbelah. Vata Dosha juga mengontrol pikiran, pernapasan, aliran darah, fungsi jantung, serta kemampuan membuang kotoran-kotoran dalam tubuh melalui usus.

Hal-hal seperti makan terlalu cepat, rasa duka dan begadang bisa mengganggu dosha ini. Akibatnya, kamu bisa mengalami kecemasan, asma, penyakit jantung, gangguan pada kulit dan radang sendi.

Pitta Dosha

Ayurveda, Metode Pengobatan yang Memperhatikan Keseimbangan EnergiPexels.com

Energi ini mengontrol sistem pencernaan, metabolisme dan hormon tertentu yang berkaitan dengan selera makan kamu. Kebiasaan hidup yang dapat mengganggu Pitta Dosha meliputi mengonsumsi makanan pedas atau asam serta menghabiskan waktu terlalu banyak di luar ruangan. Dampak dari ketidakseimbangan energi ini adalah kamu berisiko terkena penyakit Crohn, penyakit jantung, tekanan darang tinggi serta infeksi.

Kapha Dosha

Ayurveda, Metode Pengobatan yang Memperhatikan Keseimbangan Energifreepik.com/freepik

Kapha Dosha mengontrol perkembangan otot, kekuatan dan kestabilan tubuh, berat badan dan sistem kekebalan tubuh. Tidur terlalu lama di siang hari dan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat mengganggu energi ini. Para ahli berpendapat, jika Kapha Dosha terganggu. kamu bisa memiliki asma dan gangguan pernapasan lainnya, kanker, diabetes, serta mengalami obesitas.

Perawatan tubuh sesuai Ayurveda

Ayurveda, Metode Pengobatan yang Memperhatikan Keseimbangan Energifreepik.com/pressfoto

Para pakar Ayurveda biasanya membuat rencana pengobatan yang dirancang khusus untuk kamu. Mereka akan menyesuaikannya dengan kondisi fisik dan emosional kamu serta keseimbangan tiga elemen tadi.

Tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk membersihkan tubuh dari makanan yang tidak tercerna dengan baik. Jika dibiarkan, itu dapat bertahan dalam tubuh dan akhirnya menyebabkan penyakit. Proses pembersihan ini disebut dengan “panchakarma”—didesain untuk mengurangi gejala penyakit yang dirasakan dan mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

Proses-prosesnya meliputi purifikasi internal, diet khusus, pengobatan herbal, terapi pijat, yoga dan meditasi.

Nah, apakah kamu tertarik menjaga kesehatan dengan teknik Ayurveda ini, Bela?