Meditasi merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental, memperbaiki mood dan merasa lebih terhubung dengan sekitar kamu. Meskipun untuk memulainya kadang cukup sulit, tetapi pada dasarnya siapa pun bisa melakukan meditasi.

Berikut 12 hal yang perlu diperhatikan saat ingin meditasi:

1. Memulai meditasi tanpa ekspektasi apa pun

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi freepik.com/rawpixel.com

Meditasi bukanlah cara instan untuk menyelesaikan semua masalah hidup kamu. Sama seperti bentuk latihan lainnya, meditasi juga perlu usaha. Selain itu, perlu waktu juga untuk mendapatkan manfaatnya.

Cobalah untuk tidak mengharapkan ekspektasi apa pun saat memulai meditasi. Jangan langsung memikirkan apa yang akan kamu dapat setelahnya. Sebaiknya, jadikan meditasi sebagai kesempatan untuk mengenal diri kamu dengan lebih baik.

2. Pilih waktu khusus untuk meditasi

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi freepik.com/jcomp

Ketika kamu sudah menjadwalkan waktu khusus untuk meditasi, akan lebih mudah menjadikan meditasi sebagai kebiasaan. Lakukan setiap hari di jam yang sama.

3. Ciptakan ruang untuk meditasi

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi timeqube.com

Memilih ruang untuk meditasi dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih nyaman. Itu memudahkan transisi ke mode meditasi. Menyediakan ruang untuk meditasi sama halnya dengan pergi ke kantor agar lebih fokus pada pekerjaan. Kamu bisa memilih ruangan dengan jendela besar, menambahkan tanaman, dan jauh dari gangguan suara televisi agar pikiran lebih tenang saat meditasi.

4. Luangkan waktu sejenak untuk bersantai dan menjernihkan pikiran

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi freepik.com/katemangostar

Langsung meditasi setelah hari yang sibuk mungkin bukan keputusan yang baik. Akan lebih sulit untuk duduk diam dan menenangkan pikiran setelah momen penuh stres.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu bersantai sebentar sebelum memulai meditasi. Ini dapat membantu lebih fokus dan mencegah pikiran kamu berkelana saat meditasi.

5. Mulailah dengan menarik napas dalam-dalam

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi https://www.pexels.com/@vlada-karpovich

Menarik napas dalam-dalam beberapa kali sebelum memulai meditasi dapat memicu respons relaksasi. Dengan begitu, tubuh langsung merasa aman dan nyaman.

Kemudian, ketika masuk ke mode meditasi, bernapaslah dengan normal. Memperhatikan pernapasan sangat penting selama meditasi karena dapat meurunkan kadar stres dalam tubuh.

6. Usahakan jangan banyak bergerak selama meditasi

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi Shutterstock/miya227

Wajar jika kamu ingin mengubah posisi saat meditasi. Meski begitu, jangan biar posisi kamu memberikan distraksi. Ada banyak jenis meditasi yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya melibatkan postur tubuh selain duduk, misalnya sambil berbaring atau berjalan kaki.

7. Bernapaslah

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi Pexels.com/VisionPic .net

Meditasi seharusnya tidak rumit. Inti dari meditasi adalah membawa kesadaran melalui pernapasan. Tarik dan keluarkan napas untuk membantu kamu tetap fokus.

8. Bersikap baik kepada diri sendiri

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi Pexels.com/Min An

Pada dasarnya, meditasi adalah tentang belajar bagaimana memperlakukan diri sendiri dengan baik dan tidak peduli pada apa pun yang terjadi saat itu. Ada hari-hari di mana meditasi mudah dilakukan, mungkin ini karena kamu tidur nyenyak sebelumnya. Namun, ada kalanya sangat susah fokus saat meditasi. Sadarilah bahwa meditasi adalah sebuah latihan, tak apa jika tidak sempurna setiap hari.

9. Bergerak perlahan setelah meditasi

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi Sumber Gambar: wanderlust.com

Setelah selesai melakukan meditasi, kamu bisa mulai menggerakan jari, dilanjutkan dengan tangan dan kaki hingga meregangkan lengan. Meditasi membantu kamu menciptakan jeda dalam keseharian. Menyediakan beberapa menit untuk diri sendiri sebelum beralih ke tugas penuh tekanan.

10. Kenali emosi kamu

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi Pexels.com/Matthias Cooper

Merasa bahagia setelah bermeditasi adalah hal wajar. Begitu pula dengan perasaan sedih. Meditasi memunculkan emosi yang baik dan buruk sehingga kamu dapat lebih mengenali emosi. Luangkan waktu sejenak untuk berterima kasih kepada diri sendiri karena sudah mempraktikkan perawatan diri dan berusaha untuk meditasi.

11. Lakukan setiap hari

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi weloveyoga.lu

Kekuatan meditasi hadir dengan menjadikannya sebagai rutinitas sehari-hari. Seuah studi pada 2018 bahkan mengungkapkan bahwa meditasi selama 15 menit setiap hari meningkatkan kesejahteraan mental dan mengurangi stres. Studi tersebut juga menyatakan, meditasi harian memberikan efek yang sama seperti saat kamu liburan.

12. Gunakan bantuan aplikasi

12 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Meditasi Sumber Gambar: herbeauty.co

Jika kamu sulit melakukan meditasi harian, coba gunakan aplikasi smartphone atau ikut kelas daring. Kedua hal tersebut bisa membantu kamu lebih fokus. Kamu pun bisa mendapatkan hasil maksimal dari meditasi.

Itulah 12 hal yang perlu diperhatikan saat ingin memulai meditasi. Selamat mencoba, Bela!