Selain rambut dan bagian tubuh lainnya, bibir menjadi bagian yang sering dibanggakan tiap perempuan. Nggak heran sih, bibir bisa menjadi salah satu bagian yang memiliki daya tarik tinggi. Makanya, siapa sih yang mau punya bibir yang sehat, terhindar dari kulit kering hingga terkelupas, pasti semua perempuan ingin bibir indah. Akan tetapi, sadar tidak sadar, ada lho beberapa hal sepele yang kita lakukan dan membuat bibir menjadi kering bahkan pecah-pecah. Apa saja itu? Mari cari tahu, Bela!

1. Menjilati bibir

Nggak Nyangka! 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Bibir Pecah-pecahpexels.com/oleg magni

Hayo, siapa sih yang masih suka menjilati bibir sendiri? Saat bibir kamu sudah kering bukan berarti menjilati bibir menjadi solusi. Justru, hal ini malah bisa memperburuk keadaan.

Air liur itu mengandung enzim untuk mencerna makanan, jika kamu menjilati bibir maka fungsi air liur ini juga bisa menyerap pada kulit kamu. Kalau untuk mencerna makan sih bagus ya, Bela, tetapi, air liur bisa membuat bibir kamu menjadi pecah-pecah, mengering, dan iritasi.

2. Membersihkan bibir dengan air panas

Nggak Nyangka! 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Bibir Pecah-pecahpexels.com/leah kelley

Melembapkan bibir dengan air panas bukan solusi juga ketika bibirmu mengering. Nah, hal ini juga termasuk saat kamu sering mandi menggunakan air panas lho. Air panas juga bisa menghilangkan minyak alami yang menjaga bibir kamu tetap lembap. Jadi, jangan keseringan ya, Bela.

3. Terkena sinar matahari langsung

Nggak Nyangka! 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Bibir Pecah-pecahpexels.com/pixabay

Paparan sinar matahari langsung juga bisa memperburuk kesehatan bibir, yang membuatnya jadi pecah-pecah. Maka dari itu, penting mengunakan lip balm yang mengandung SPF. Agar, bibir kamu tetap terjaga dan sehat terutama saat di bawah sinar matahari.

4. Lip balm berbagai rasa

Nggak Nyangka! 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Bibir Pecah-pecahpexels.com/burst

Pernah punya atau mencoba lip balm dengan rasa dan wangi? Para ahli dermatologi percaya lho, jika itu bisa membuat iritasi kulit dan meningkatkan potensi bibir pecah-pecah. Sebaiknya kamu  menggunakan lip balm tanpa rasa atau wewangian lagi ya, Bela.

5. Bahan-bahan yang membuat iritasi

Nggak Nyangka! 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Bibir Pecah-pecahpexels.com/oleg magni

Pernah cek nggak kandungan apa yang terdapat dalam lip balm kamu? Dilansir dari HuffPost, ahli dermatologi Dr. Y Claire Chang, menyarankan untuk tidak menggunakan lip balm yang mengandung banyak asam salisilat.

Hal ini karena kegunaan asam salisilat untuk pengangkatan sel kulit mati, Jika lip balm kamu terlalu banyak kandungan ini, maka semakin mudah bibir kamu terkelupas dan mengering.

Jadi, kamu harus mengurangi hal-hal seperti di atas ya, Bela. Demi kesehatan bibir kamu, agar tidak terjadi lagi deh bibir yang kering hingga terkelupas.

Baca Juga: Bermasalah dengan Bibir Kering?Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya