Setiap perempuan wajib merawat alat reproduksinya yaitu vagina agar sehat alami dan tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap. Vagina yang sehat akan mengeluarkan sejumlah cairan untuk menjaganya tetap bersih sama seperti air liur untuk membersihkan mulut kamu. 

Jika kamu kurang memedulikan kesehatan vagina, akan bahaya untuk kedepannya seperti iritiasi ataupun infeksi. Maka dari itu, kamu perlu ikuti cara merawat vagina agar sehat alami di bawah ini ya!

1. Jangan pakai celana ketat, melainkan harus berbahan katun

Perlu kamu ketahui, bahwa menggunakan celana ketat atau jeans yang bikin susah napas ternyata bikin vagina kamu tidak sehat. 

Menurut Mary Jane Minkin, seorang profesor kebidananan, mengatakan bahwa lebih baik perempuan menggunakan celana berbahan katun sebab bikin vagina kamu tetap lembab dan memungkinkan untuk bernapas. 

2. Membersihkan vagina

Saat kamu mencuci vagina, usahakan untuk tidak menggunakn sabun yang mengandung parfum atau antiseptik, sebb akan mempengaruhi vagina akan iritasi.  Gunakan sabun yang netral untuk merawat vagina, harus dengan lembut ya! Lakukan hal ini setiap hari. 

Menurut profesor Ronnie Lamont, ia berpendapat bahwa perempuan saat mencuci vagina berbeda-beda, ada yag bisa mencuci vagina dengan sabun wangi, namun beberapa sangat sensitif. Jadi lebih baik menggunakan sabun biasa atau non alergi ya!

7 Cara Merawat Miss V yang Benar Agar Sehat dan Bersihhealthline.com

3. Wajib bersihkan bagian vulva

Salah satu cara merawat vagina yang sering kamu lupakan adalah membersihkan posisi di luar vagina yaitu vulva. Sebenarnya membersihkan vulva gampang kok, kamu bisa bersihkan dengan air namun pelan-pelan dan jangan menggosoknya dengan keras. 

Kamu boleh pakai sabun, namun tetap ikuti cara sebelumnya tidak boleh menggunakan bahan pewangi. Pastikan untuk mengeringkan vagina setelah dicuci dengan tisu kering agar tidak lembab ya. 

4. Cara bersihkan vagina yaitu dari depan ke belakang

Hal yang sering salah dilakukan oleh perempuan adalah membersihkannya dari belakang ke depan. Seharusnya kamu bersihkan dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri vagina dan menurunkan risiko infeksi kandung kemih.

5. Saat menstruasi, wajib ganti pembalut

Terkadang perempuan suka malas mengganti pembalut saat datang bulan. Padahal hal ini wajib kamu lakukan, setiap 4-6 jam kamu harus ganti ya, Bela biar bersih dan tidak menimbulkan penyakit pada vagina. 

7 Cara Merawat Miss V yang Benar Agar Sehat dan Bersihohhhlululingerie.com

6. Jangan pakai panty liner

Wah kenapa ya kok nggak boleh? Alasannya adalah, ketika kamu tidak mensturasi dan menggunakan panty liner untuk menyerap keputihan normal malah membuat vagina semakin lembap dan memicu infeksi jamur. 

7. Hindari makanan pedas

Hati-hati bagi kamu penggemar makanan pedas apalagi ditambah sedang mengalami keputihan yang berlebihan, wajib kamu hindari ya! sebab kandungan capsium pada cabai dapat meningkatkan bakteri, basah dan lengket pada vagina. Walaupun kamu tidak menyadarinya, hal tersebut sering terjadi. 

Itulah beberapa cara merawat vagina yang benar agar sehat alami. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: 7 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Bau Tak Sedap Pada Vagina