Jika kamu termasuk salah satu perempuan yang senang mewarnai dan menghias kuku dengan kuteks dan lupa untuk merawatnya bahkan sampai kuku tampak seperti kering, kusam, berisik bahkan tidak sehat, kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Penampilan kuku yang kering bisa menganggu penampilan kamu lho karena kekeringan pada kuku menunjukkan bahwa kulit sangat kurang kelembapan. Tapi kamu nggak perlu khawatir, berikut cara mengatasi kuku kering dengan mudah. 

1. Jangan terlalu sering menghapus kuteks menggunakan nail polish remover

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Kuku KeringFreepik.com

Untuk mengatasi kuku kering, sepertinya kamu harus berhenti untuk memakai nail polish remover atau aseton ketika ingin menghapus cat warna kuku. Sebenarnya boleh, tapi disarankan hanya menggunakannya dua kali dalam sebulan karena penggunaan aseton dapat membuat kuku akan kering. 

2. Pakai minyak zaitun

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Kuku KeringFreepik.com

Cara alami ini bisa kamu ikuti, caranya kamu bisa pakai minyak zaitun pada kuku sebelum tidur. Rendam botol minyak dalam air panas kemudian poleskan ke kuku dengan kuas kecil, biarkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan tisu. Jangan mencuci tangan dengan sabun ya, hal ini takut minyak akan hilang. Lakukan hal ini selama satu bulan.

3. Gunakan pelembap untuk tangan dan kuku

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Kuku KeringFreepik.com

Sebenarnya kuku sama dengan bagian tubuh lain yang memerlukan pelembap. Jadi, agar tetap lembut dan tidak kering, gunakanlah selalu hand cream setiap kamu membutuhkannya.

4. Jangan menggigit kuku

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Kuku KeringGoodhousekeeping.com

Mengigit kuku biasanya menjadi kebiasaan yang buruk, dan ketika kamu mencobanya terus menerus kuku akan menyebabkan pendarahan dan membuat luka dalam bahkan bisa merusak kulit luar kuku kamu lho. Segera hentikan kebiasaan ini ya, Bela!

5. Rendam dengan air hangat

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Kuku KeringTimesofindia.indiatimes.com

Cara gampang adalah kamu bisa rendam kuku kamu dengan air hangar selama 10 hingga 15 menit. Hal ini bertujuan agar mengatasi kuku mengering. Jangan lupa gunakan pelembap sesudahnya ya.

6. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin dan protein

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Kuku KeringThe Northethem View

Kuku kering dan mudah patah bisa jadi tanda kalau tubuhmu kekurangan gizi. Cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan vitamin agar kuku tumbuh kuat, panjang, dan sehat.

7. Melakukan manicure dan pedicure

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Kuku KeringFreepik.com

Tips satu ini sebenarnya tidak wajib kamu lakukan secara rutin, tapi memang sangat diperlukan untuk melakukan manicure dan pedicure sebulan satu sampai dua kali.

Perawatan ini berfungsi untuk membantu kuku tangan dan kaki tampak lebih bersih dan terlihat sehat jadi jauh dengan kata kering. 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kuku kering. Semoga membantu ya!

Baca Juga: Keren Abis! 7 Nail Art ini Terinspirasi Film Avengers: Endgame