Merasa mengantuk sepanjang hari, terutama setelah melewati hari yang melelahkan, adalah hal yang normal. Biasanya, kondisi ini juga dapat diatasi dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Namun, perasaan selalu mengantuk yang terjadi dalam waktu lama bisa jadi hal yang tidak wajar sehingga tidak boleh diabaikan.

Rasa kantuk yang berlebihan ini dapat mengganggu dan menyulitkan seseorang untuk melakukan aktivitas normal sehari-hari. Rasa kantuk yang berlebihan juga dapat berdampak signifikan pada kesehatan. Oleh sebab itu, kamu harus mencari tahu penyebab dari rasa kantuk yang berlebihan dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Berikut ini beberapa penyebab rasa kantuk yang berlebihan.

1. Narkolepsi

Terdapat empat gejala utama narkolepsi, salah satunya rasa kantuk berlebihan. Gangguan tidur ini terjadi ketika ada masalah dengan regulasi tidur dan terjaga. Oleh karena itu, karakteristik tidur dapat terjadi secara tiba-tiba saat terjaga dan elemen terjaga dapat mengganggu saat tidur. 

Menurut studi dalam jurnal Nature and Science of Sleep, gejala narkolepsi yang paling khas adalah cataplexy, yaitu hilangnya kekencangan otot secara tiba-tiba dengan rangsangan emosional seperti kejutan atau tawa. Rasa kantuk yang terkait dengan narkolepsi mungkin memerlukan pengobatan dengan stimulan, seperti Ritalin, Provigil, dan Nuvigil.

Sering Merasa Mengantuk? 5 Aktivitas Ini Bisa Jadi Penyebabnyathenationalnews.com

2. Penggunaan obat-obatan tertentu

Dalam beberapa kasus, rasa kantuk sepanjang hari mungkin merupakan efek samping dari pengobatan tertentu, seperti antihistamin, antipsikotik, antidepresan, obat kecemasan, dan obat tekanan darah tinggi. Jika kamu sedang mengonsumsi obat ini dan merasa aktivitasmu jadi terganggu akibat efek samping yang ditimbulkan obat-obatan ini, segera diskusikan keluhanmu pada dokter. Dengan demikian, dokter mungkin akan merekomendasikan perubahan obat atau dosis.

Selalu merasa kantuk tentu bisa mengganggu pekerjaan harianmu, terlebih jika hal ini berlangsung dalam waktu lama. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah dengan rasa kantuk yang tidak wajar, kamu perlu segera menghubungi dokter untuk mendapatkan solusi atas masalah ini.

3. Kurang tidur di malam hari

Kurang tidur mungkin merupakan penyebab paling umum dari rasa kantuk yang berlebihan di siang hari. Studi yang dilakukan oleh The American Academy of Family Physicians Foundationdengan membatasi orang dewasa yang sehat untuk tidur enam jam per malam selama 14 malam berturut-turut menunjukkan gangguan fungsi neurobiologis yang signifikan secara kumulatif. Karena itu, kamu perlu menghindari kebiasaan begadang. Sebab, hal ini bisa membuat kamu terus mengantuk di siang hari.

Sering Merasa Mengantuk? 5 Aktivitas Ini Bisa Jadi Penyebabnyaverywellhealth.com

4. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis adalah suatu kondisi yang membuat individu merasa lelah atau mengantuk. Ini ditandai dengan kelelahan yang memburuk yang terjadi setelah melakukan suatu aktivitas. Hal ini juga terkait dengan tidur yang kurang menyegarkan dan sering mengalaminya nyeri sendi dan otot, menurut penelitian dalam Journal of Clinical Sleep Medicine.

Meskipun penyebab sindrom kelelahan kronis tidak sepenuhnya dipahami, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan signifikan pada kehidupan orang yang terkena, salah satunya terus mengantuk dan kurang bersemangat.

5. Gangguan ritme sirkadian

Ritme sirkadian adalah jam alami tubuh yang membantu mengoordinasikan aktivitas dengan waktu terang dan gelap di lingkunganmu. Jika terjadi ketidakselarasan waktu ini, bisa jadi kamu akan merasa mengantuk pada waktu yang tidak tepat. Misalnya, jika kamu memiliki sindrom fase tidur lanjut, kamu akan merasa mengantuk di malam hari sebelum jam tidur tiba. Individu dengan kondisi ini disebut morning larks.

Sebaliknya, dengan sindrom fase tidur tertunda, kamu akan kesulitan tidur di malam hari dan merasa mengantuk di pagi hari. Individu dengan kondisi ini disebut night owl.

Sering Merasa Mengantuk? 5 Aktivitas Ini Bisa Jadi Penyebabnyawellandgood.com

Untungnya, ada perawatan yang efektif untuk mengatasi gangguan ini. Menurut jurnal Sleep Medicine Clinica, terapi cahaya dan penggunaan melatonin efektif untuk mengatasi gangguan ritme sirkadian ini dan lainnya, seperti jet lag.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Aktivitas Jadi Terganggu, Ini 5 Penyebab Selalu Merasa Mengantuk"

Baca Juga: Insomnia? Bangun 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Cepat Mengantuk

Baca Juga: 9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantor

Baca Juga: 8 Cara Mudah Hilangkan Kantuk Tanpa Kopi