Untuk Bela yang sampai saat ini mendambakan body goals ternyata effort-nya tidak sesulit yang kamu bayangkan lho. Jika biasanya kamu melihat di beberapa sumber untuk mendapatkan tubuh yang ideal dengan workout yang cukup menguras banyak energi, kali ini Popbela punya alternatif lainnya yakni minum air putih.

Dilansir dari Healthline, 30-59% orang dewasa di Amerika Serikat berkurang berat badannya dengan minum air putih. Nah, lalu bagaimana tips dan triknya yang tepat nih? Simak baik-baik ya!

1. Minumlah air putih sebelum makan

Pahami Prosedurnya, 5 Tips Wujudkan Body Goals dengan Minum Air PutihShutterstock/Pixel-Shot

Bela sudah tahu belum nih, minum air putih 30 menit sebelum makan ternyata dapat membantu memaksimalkan pencernaan dalam menyerap nutrisi lho! Selain itu, peran air putih yang dikonsumsi sebelum makan juga berfungsi sebagai penekan nafsu makan. Soalnya kamu akan lebih merasa kenyang sehingga bisa mengurangi jumlah makanan yang dimakan ya Bela.

2. Biasakan minum air putih dalam jangka panjang dan hindari minuman berasa

Pahami Prosedurnya, 5 Tips Wujudkan Body Goals dengan Minum Air PutihShutterstock/New Africa

Jika Bela lebih suka mengonsumsi minuman berasa apalagi soda, mulai sekarang Bela bisa kurangi ya. Bela bisa ganti minuman tersebut dengan air putih, awalnya nggak akan mudah ya. Tapi, jika minum air putih sudah menjadi kebiasaan jangka panjang, hal itu bakal nggak berat lagi kok. Oh iya, godaan makan camilan juga bisa tergantikan dengan minum air putih lho Bela.

3. Ketahui kapan waktu terbaik menjalani diet air putih

Pahami Prosedurnya, 5 Tips Wujudkan Body Goals dengan Minum Air PutihShutterstock/Misha Beliy

Diet air putih sebenarnya cukup sulit dilakukan lho Bela, soalnya kamu nggak boleh konsumsi makanan dan minuman selain air putih. Tapi, manfaat yang bisa didapat juga banyak lho, seperti menurunkan tekanan darah, memicu proses peremajaan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis dan bisa mengurangi stres. Eits, tapi ingat jangan sembarangan melakukan diet ini tanpa konsultasi ke dokter ya Bela!

4. Disarankan konsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh per harinya

Pahami Prosedurnya, 5 Tips Wujudkan Body Goals dengan Minum Air PutihShutterstock/Nataliya Sdobnikova

Bela, setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda ya. Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, anjuran minum air putih untuk wanita adalah 2,7 liter per hari. Sementara pria membutuhkan 3,7 liter per hari. Namun, kebutuhan air putih juga disesuaikan dengan banyaknya aktivitas ya, bisa jadi kamu butuh air putih lebih dari yang dianjurkan.

Tapi, selain kamu tahu berapa banyaknya air putih yang harus dikonsumsi setiap harinya, penting juga tahu tentang kualitas air yang kamu minum. Kamu bisa mulai cek dari segi kemasannya, pastikan air minum yang kamu akan konsumsi tidak menggunakan seal cap atau segel plastik yang biasanya berbahan PVC (polyvinyl chloride). Soalnya bahan ini dianggap berbahaya jika digunakan dalam kemasan makanan dan terjadi kontak langsung dengan manusia.

Selain itu, menurut studi yang dilakukan oleh McKinsey, hampir semua segel plastik terbuat dari PVC tipis yang mudah tercecer dan sulit didaur ulang. Artinya, sangat berpotensi menimbulkan sampah yang sebenarnya dapat dihindari lho Bela. Tapi, good news di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan air minum dalam kemasan yang sudah meniadakan segel plastik dengan tujuan lebih bijak dalam penggunaan plastik.

Sebagai gantinya, perusahaan yang telah menghapus penggunaan segel plastik, mencari alternatif sistem keamanan lain untuk jaminan keamanan tambahan bagi konsumen. Di antaranya menambah menambahkan kode ganda di tutup dan badan botol, kode QR, atau desain kunci unik di cincin pengaman untuk mencegah pemalsuan isi kemasan. Keren ya Bela!

5. Bosan dengan rasanya yang tawar, tambahkan perasan lemon untuk bantu detoksifikasi

Pahami Prosedurnya, 5 Tips Wujudkan Body Goals dengan Minum Air PutihShutterstock/New Africa

Pasti bosan ya Bela jika setiap hari konsumsi air putih yang rasanya tawar setiap hari. Nah, agar Bela nggak bosan, sesekali kamu bisa tambahkan perasan atau irisan lemon lho. Selain akan menambah rasa, segelas air dengan lemon adalah opsi resep untuk menurunkan berat badan. Sebab, serat yang terkandung dalam lemon atau yang disebut pektin ini bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan nih Bela.

So Bela, sudah siap belum nih wujudkan body goals seperti yang kamu inginkan?