Wabah COVID-19 semakin merebak. Saat ini, tercatat terdapat 601.238 kasus di 199 negara dan 133.443 di antaranya dinyatakan sembuh. DI Indonesia sendiri, sesuai dengan data hari Sabtu (28/3) terdapat 1,155 orang yang positif COVID-19, dimana 102 orang di antaranya dinyatakan meninggal dan 59 orang sembuh. 

COVID-19 menyerang sistem pernapasan sehingga nggak sedikit yang mengalami gejala seperti batuk dan sesak napas. Tapi ternyata, nggak cuma sistem pernapasan yang terkena dampaknya lho. Ada organ lain yang ikut mengalami gangguan ketika tubuh terserang virus corona. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1. Perut dan Sistem Pencernaan

Beberapa dari pasien positif COVID-19 juga mengeluhkan gejala lain seperti diare dan mual, meskipun gejala ini agak jarang terdengar dibandingkan keluhan sakit paru-paru. Melansir dari Healthline, menurut Dr. Laura Evans, seorang Dokter dari University of Washington Medical Center, beberapa pasien yang sakit parah juga mengalami disfungsi dalam sistem organ lain.

Ini 4 Organ Tubuh Yang Mungkin Juga Terkena Dampak COVID-19pinterest.com

2. Jantung dan Sistem Peredaran Darah

Dr. Laura mengatakan COVID-19 juga dapat mempengaruhi jantung dan pembuluh darah. Gejala-gejala yang ditimbulkan seperti detak jantung yang nggak teratur, aliran darah yang nggak memadai, atau tekanan darah cukup rendah sehingga pasien tersebut perlu mengonsumsi obat-obatan untuk penanganannya. Namun, sejauh ini belum ada ahli atau dokter yang memberikan pernyataan resmi bahwa COVID-19 bisa langsung menyerang jantung.

3. Hati

Saat tubuh seseorang teserang virus corona, organ lain termasuk hati ikut terkena dampaknya. Ini karena ketika virus corona ada di peredaran darah, virus ini bisa masuk ke organ tubuh yang lainnya juga. 

Sebuah jurnal penelitian di situsThe Lancet menemukan tanda-tanda adanya kerusakan hati pada pasien virus Covid-19. Namun Dokter sendiri belum dapat mengkonfirmasi apakah kerusakan itu disebabkan oleh virus atau obat yang diberikan selama proses pengobatan. 

Ini 4 Organ Tubuh Yang Mungkin Juga Terkena Dampak COVID-19northernvirginiamag.com

4. Ginjal

Dilansir dari JAMA Network, beberapa pasien corona di Wuhan, Tiongkok, ikut mengalami gagal ginjal akut. Kondisi ini bisa jadi disebabkan karena saat penderita COVID-19 mengalami penumonia, sirkulasi oksigen pun ikut terganggu dan biasanya menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Wabah COVID-19 memang tidak boleh dianggap sepele karena dampaknya yang buruk bagi tubuh. Oleh karena itu yuk cegah dengan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, dan lakukan upaya pencegahan penyebaran dengan melakukan social distancing ya, Bela!

Baca Juga :

Menurut WHO, Ini 7 Cara Efektif Hindari Penyebaran Corona di Kantor 
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona