Bagi sebagian orang mungkin sahur hanyalah sekedar anjuran makan sebelum memulai puasa. Bagi kesehatan, sahur dapat mencegah kamu dari berbagai penyakit. 

Bayangkan jika kamu meninggalkan sahur selama satu bulan berpuasa? Berbagai dampak buruk bagi kesehatan sudah pasti menggentayangimu. Apa sajakah manfaat sahur bagi kesehatan?

1. Mencegah gangguan pencernaan

Tujuan berpuasa bagi kesehatan adalah mengistirahatkan organ dalam tubuh sejenak. Namun tubuh tetap harus mencerna sesuatu sebelum istirahat selama 14 jam berpuasa. Sahur dan puasa membantu menjaga pola makan yang dapat menjaga kinerja pencernaan tubuh. Namun menu sahur tetap harus diperhatikan. Hindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Bisa Cegah Maag, Ini 5 Manfaat Sahur Bagi Kesehatan

2. Mencegah dehidrasi

Manfaatkan sahur dengar mengonsumsi makanan yang banyak mengandung banyak cairan seperti sayur dan buah-buahan. Dehidrasi saat puasa rawan terjadi karena aktibitas yang biasa kita lakukan. Hindari makanan yang mengandung banyak garam karena garam dapat memicu rasa haus, dan jangan lupa minum air putih dianjurkan 2 gelas saat sahur.

3. Melancarkan diet

Meski sedang menjalankan program diet, sahur tetap penting untuk dijalani. Jangan berpikir jika meninggalkan sahur bisa melancarkan dietmu. Hal tersebut justru sebaliknya, tubuhmu mungkin akan berkurang berat badan namun kondisi penurunan badan tersebut buruk bagi tubuh. Berat badan akan turun namun juga mengundang penyakit lain.

Bisa Cegah Maag, Ini 5 Manfaat Sahur Bagi Kesehatan

4. Mencegah terkena atau kambuh maag

Maag adalah radang lambung yang dapat menyebabkan sakit perut atau mual. Jika kita nggak makan sahur maka keadaan lambung akan kosong terlalu lama. Hal itu bisa memicu timbulnya maag. Jika maag timbul atau kambuh itu dapat mengganggu kelancaran puasamu dan resiko terburuknya bisa jadi batal puasa. Maka sempatkanlah makan sahur meski hanya sedikit.

5. Mencukupi kadar gula

Nggak banyak orang yang tahu pentingnya menjaga kadar gula. Rendahnya kadar gula bisa menyebabkan pusing, keringat dingin, hingga pingsan. Itulah mengapa sahur penting demi menjaga kondisi tubuhmu selama 14 jam berpuasa agar terhindari dari gejala-gejala penyakit ringan. Demi mempertahankan kadar gula, berikut menu sahut yang bisa kamu konsumsi seperti nasi putih, sayur-sayuran, kurma,dan buah-buahan.

Itulah lima menfaat sahur bagi kesehatan. Meski puasa sudah memasuki minggu terakhir, tetap semangat ya, Bela! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bisa Bikin Segar Sepanjang Hari, Ini Dia 5 Menu Sahur Super Sehat