Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Sudah coba cara nomor 4?

Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Meski semua kegiatan, seperti sekolah dan bekerja, umumnya mulai di pagi hari, sebagian orang sulit untuk bangun di waktu yang sama dengan matahari terbit (bahkan kalau bisa, lebih dini lagi!). Ada yang mengaku kalau dirinya bukan "morning person", ada juga yang mengalaminya karena baru saja mengalami minggu yang panjang sehingga kekurangan waktu istirahat. Ini dapat membuatmu terlambat masuk sekolah atau datang ke kantor, dan dapat memengaruhi penilaian performamu. Kamu juga mengalami hal yang sama, Bela?

Menyesuaikan jadwal tidur menjadi lebih awal adalah salah satu cara yang dapat membantumu bangun lebih awal sehingga bisa menjalani rutinitasmu tepat waktu. Namun, teknik ini kurang cukup efektif untuk sebagian orang, terutama yang merasa dirinya "night owl" atau terjaga di malam hari.

Bela bisa coba konsumsi air mineral yang cukup sebelum tidur, karena ternyata bisa berpengaruh pada kualitas tidur kamu lho. Kekurangan cairan dan mineral bisa memicu rasa haus dan membuat kamu rentan terbangun di malam hari, sehingga waktu dan kualitas tidur pun dapat terganggu. 

Nah, Bela bisa mengonsumsi air mineral sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih bugar keesokan harinya. Apalagi jika air mineral yang Bela konsumsi mengandung mineral esensial yang memberi berbagai manfaat baik bagi tubuh, seperti Le Minerale. Selain itu mineral esensialnya juga membuat rasa air Le Minerale lebih segar, nggak pahit dan ngga bikin eneg, sehingga nyaman untuk diminum sebelum tidur.

Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Mood keesokan harinya juga pasti jadi makin naik deh! Jadi, jangan ragu lagi untuk pilih Le Minerale, supaya kebutuhan mineral esensial Bela, terpenuhi setiap hari.

Selain itu, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan, kok. Melansir dari Bustle, ada tips tidur yang dapat kamu coba agar kamu tetap bisa bangun lebih pagi dan berangkat tepat waktu. 

Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Para ilmuwan menemukan kalau paparan cahaya alami berkaitan erat dengan pemicu kesadaran tubuh. Bangun dengan terkena cahaya matahari dapat menjadi cara terbaik untuk menyesuaikan "jam tubuh"-mu. Jadi jika jendela kamarmu menggunakan tirai, pastikan menyisakan sedikit ruang agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruanganmu.

Namun jika waktu bangun idealmu adalah sebelum matahari terbit sempurna, kamu perlu mencoba alternatif yang lebih kreatif. Kamu bisa menggunakan jam simulator pagi yang dapat memancarkan cahaya menyerupai sinar matahari dalam ruangan. Dengan begitu, kamu dapat bangun dengan cara yang lebih alami.

Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Aplikasi alarm cukup umum digunakan untuk membantumu bangun tepat waktu. Namun untuk para pekerja yang butuh bangun di dini hari, alarm perlu bekerja efektif dan dapat menjamin kalau dirimu dapat bangun dini har dalam jangka waktu panjang. Ada banyak aplikasi yang tersedia, kamu dapat memilih jenis aplikasi yang menggunakan siklus tidur alamimu untuk membantumu bangun di waktu yang diinginkan. Dengan bantuan aplikasi seperti itu, kamu dapat membiasakan dirimu untuk beristirahat sesuai dengan "jam tubuh", dan membangunkanmu secara alami.

Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Apa kamarmu cukup nyaman sehingga kamu dapat tidur dengan nyenyak? Coba buat ruang tidurmu seakan seperti "surga" sehingga kamu dapat cepat masuk ke alam bawah sadar sesaat setelah merebahkan tubuh dan memejamkan mata. Matikan ponsel, lampu, dan alat-alat lain yang memancarkan cahaya. 

Membuat ruangan menjadi gelap dapat membantumu tidur lebih cepat dan mudah, serta membuatmu merasa lebih segar saat bangun dini hari. "Matikan apapun yang memancarkan cahaya dalam kamar atau menutupnya—terutama cahaya biru yang dapat mengganggu level melatonin tubuh. Sebab, cahaya itu membuatmu merasa terjaga dan terbangun saat ingin tidur," ujar Sleep Specialits Dr. Susan Mathison.

Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Ingin membuat perubahan jangka panjang? Penyesuaian pada "jam tubuh" yang progresif dapat memakan waktu yang cukup lama, namun itu dapat dicapai secara bertahap. Satu hal sederhana namun efektif, yang bisa kamu lakukan adalah membuat perubahan jam alarm satu menit lebih awal setiap dia hari sekali, sampai kamu bisa bangun sesuai waktu yang diinginkan. 

Pendekatan seperti ini telah terbukti secara ilmiah, Bela. Manusia merespon lebih baik pada perubahan secara rutin ketika terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu, ketimbang dilakukan secara mendadak dan terlalu ekstrem. Jadi, coba mengatur perubahan waktu alarm satu menit lebih awal setiap dua hari sekali, dan tubuhmu perlahan akan menyesuaikan dengan hal tersebut.

Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Saat bangun, mungkin kamu akan merasa loyo atau sulit untuk memfokuskan dirimu sendiri. Namun, ada banyak cara untuk membantumu jadi lebih terjaga. Salah satunya, membeli diffuser eroma terapi. Karena menghirup essential oil yang berfungsi menstimulasi (peppermint, spearmint, citrus dan bergamot), dapat membangunkan saraf dan membuatmu merasa lebih bersemangat. Cara lainnya, biarkan dirimu terpapar cahaya alami segera setelah bangun untuk meningkatkan kesegaran tubuh, menyalakan lagu yang penuh semangat dan melompat kecil untuk memicu pompa darah dalam tubuh, serta minum segelas air mineral.

Sulit Tidur Namun Harus Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini Yuk!

Masih sulit untuk bangun lebih awal? Tekanan dari lingkungan sekitar bisa menjadi motivasi untukmu bangun tidur tepat waktu. Kamu bisa mengatur jadwal pertemuan dengan rekan kerja pagi hari, misalnya. Cara ini dapat bekerja karena menciptakan rasa tanggung jawab, membuatmu merasa kalau reputasimu dipertaruhkan, serta menggunakan sinyal biologis agar kamu dapat bangun pagi. 

Penelitian menunjukkan kalau saat seseorang memiliki hal penting untuk dilakukan pada suatu waktu tertentu, tubuh akan bangun secara sendirinya. Itu yang menjadi alasan dirimu bangun sebelum alarm berbunyi ketika ada tugas penting menantimu di hari tersebut.

Datang ke pertemuan dan buat suasananya jadi lebih penting atau menyenangkan sehingga rekan kerja lain juga dapat menikmatinya. Kalau bekerja dari rumah? Buat jadwal kegiatan sosial di pagi hari dengan seseorang yang nggak ingin kamu kecewakan.

Bangun di pagi hari atau dini hari dapat menjadi hal sulit untuk sebagian orang. Namun, nggak ada alasan untuk nggak mencoba tips-tips berikut, Bela. Apalagi jika harus tidur cepat untuk melakukan rutinitas lebih pagi dari biasanya. Yuk, matikan lampu dan mulai pejamkan matamu!

Baca Juga: Ternyata, Ini Jam Terbaik untuk Tidur Malam yang Perlu Kamu Tahu

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here

























© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved

Follow Us :

© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved