Terkadang, keinginan olahraga selalu terbentur dengan biaya yang perlu kamu keluarkan untuk kegiatan tersebut, seperti membeli pakaian yang keren dan peralatan yang memadai, menyewa personal trainer, atau mendaftarkan diri ke tempat fitness terdekat. Semua demi tubuh yang lebih sehat, lebih baik. Namun, untuk sebagian orang, biaya tersebut cukup menjadi beban sehingga keinginan olahraga tertahan. Sebagian lainnya merasa malas untuk mengeluarkan uang karena terkesan merepotkan.

Padahal sebenarnya, kamu nggak memerlukan banyak biaya untuk berolahraga, Bela. Ada olahraga yang dapat kamu lakukan tanpa memerlukan biaya sepeser pun, seperti berlari. Bosan dengan lari? Jangan khawatir, melansir dari Bustle, ada beberapa tips olahraga yang dapat kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan uang berlangganan tempat gym.

1. Olahraga bersama teman

7 Tips Olahraga yang Bisa Kamu Coba Jika Malas Nge-gymPexels.com/Luis Quintero

Salah satu alasan seseorang ingin olahraga di gym adalah karena nggak ingin melakukannya sendiri. Dengan datang ke gym, kamu akan menemukan teman-teman baru yang memiliki semangat sama. Kalau kamu merasa malas olahraga sendiri, tips pertama yang dapat kamu lakukan adalah mencari teman! 

Ajak teman untuk berolahraga bersama, seperti berlari bersama di waktu dan tempat kalian setujui. Selain mengusir kesendirian, penelitian mengungkapkan kalau olahraga bersama teman dapat meningkatkan manfaat baik olahraga untuk kesehatan mentalmu. Jadi, cari teman sehatmu sekarang!

2. Gunakan berat tubuhmu untuk berolahraga

7 Tips Olahraga yang Bisa Kamu Coba Jika Malas Nge-gymPexels.com/Theformfitness

Sebenarnya, kamu nggak perlu gym atau peralatan mahal untuk memastikan lemak tubuh terbakar secara maksimal. Ada banyak gerakan olahraga yang dapat kamu lakukan tanpa memerlukan alat bantu, melainkan memanfaatkan berat tubuhmu. 

Mulai dari push up, burpee, plank, lunges, jumping jack, squat, dan sebagainya. Kamu dapat melihat contoh gerakannya di media sosial, dan mengombinasikan beberapa gerakan sesuai keinginanmu.

3. Olahraga dengan bantuan Youtube

7 Tips Olahraga yang Bisa Kamu Coba Jika Malas Nge-gymPexels.com/Alexy Almond

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, kamu dapat melihat contoh gerakan olahraga di media sosial, salah satunya Youtube. Bahkan jika mencari lebih teliti, kamu akan menemukan banyak channel fitness yang mengunggah sesi olahraga penuh. Jadi, seakan-akan kamu sedang berolahraga bersama personal trainer. Putar video ketika kamu ingin berolahraga, dan hentikan jika kamu membutuhkan waktu istirahat sejenak. Lalu, lanjutkan lagi videonya ketika kamu sudah segar kembali.

4. Pergi ke taman

7 Tips Olahraga yang Bisa Kamu Coba Jika Malas Nge-gymPexels.com/Retha Ferguson

Baik mencari trek lari maupun lapangan olahraga, taman adalah destinasi yang tepat untukmu. Umumnya, taman merupakan ruang terbuka yang luas. Sebagian taman memiliki trek berlari, sebagian lainnya ada yang memiliki lapangan basket, sebagian lainnya memiliki area wall climbing, sebagian lainnya ada area bermain anak-anak. Semua fasilitas ini dapat kamu manfaatkan untuk berolahraga. Gratis, dengan suasana yang menyenangkan. Jadi, kunjungi taman dekat rumahmu sekarang, Bela!

5. Pergi mendaki

7 Tips Olahraga yang Bisa Kamu Coba Jika Malas Nge-gymPexels.com/Retha Ferguson

Kalau taman terasa kurang menantang atau kurang membuatmu mengeluarkan banyak keringat, mungkin kamu dapat beralih pergi mendaki ke dataran tinggi. Misalnya jika tinggal di Jakarta, kamu bisa pergi ke Bogor dan mencari dataran tinggi untuk mendaki. 

Kegiatan olahraga seperti ini memang mengeluarkan biaya, terutama jika tempat-tempat tersebut sulit diakses dengan transportasi umum. Namun ingat kalau selain berolahraga, kamu pun dapat menikmatin pemandangan yang indah serta suasana alam terbuka yang lebih asri. Jadi, patut banget untuk dicoba.

6. Menjadi volunteer atau relawan

7 Tips Olahraga yang Bisa Kamu Coba Jika Malas Nge-gymPexels.com/Dazzle Jam

Olahraga dengan menjadi volunteer? Terdengar aneh, namun jika acara yang membutuhkan relawan tersebut menuntutmu untuk banyak bergerak, kegiatan itu dapat menjadi ajang olahraga untukmu. Terutama bagi kamu yang selalu merasa malas bergerak. Coba memilih menjadi tenaga relawan untuk acara yang penuh aktivitas, seperti gerakan menghijaukan area dekat rumah dengan menanam pohon.

7. Memanfaatkan uji coba gym gratis

7 Tips Olahraga yang Bisa Kamu Coba Jika Malas Nge-gymPexels.com/Mentatdgt

Beberapa tempat gym menawarkan uji coba gratis untuk para calon anggota. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mempertimbangkan pilihanmu: Apakah olahraga di gym efektif untukmu atau nggak? Selain itu, memanfaatkan uji coba gym gratis ini membantumu untuk berpikir jika kamu dapat berkomitmen penuh untuk olahraga di tempat tersebut.

Nggak masalah jika kamu ingin membeli baju serta perlengkapan olahraga lainnya. Boleh jadi dengan mengenakan pakaian olahraga, sepatu lari, serta memiliki perlengkapan memadai, kamu jadi lebih semangat berolahraga. Pun dengan pilihan untuk olahraga di tempat fitness. Tetapi jika biaya menjadi penghalangmu untuk menjadi lebih sehat, selalu ingat kalau olahraga nggak harus mengeluarkan uang, kok. Kamu dapat mencoba beberapa tips ini untuk dapat berolahraga tanpa biaya, namun tetap dapat merasakan sehat dan bugar secara maksimal. 

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Nge-gym