Selain Korea, wanita di Jepang juga terkenal memiliki paras awet muda yang mampu menyamarkan fakta usia mereka, hidup dengan usia yang lebih lama, serta memiliki tubuh yang langsing dan sehat. Apa rahasianya, ya?

Nggak melulu dari skincare dan makeup yang dikenakan, kok, Bela. Rupanya, tubuh langsing wanita Jepang berasal dari kebiasaan makan dan gaya hidup mereka. Cek bersama, yuk!

1. Pola makan yang kaya dan seimbang

Langsing dan Sehat a la Wanita Jepang? Tiru 6 Kebiasaan Makan IniDok. The japan Times
 

Keliru jika kita mengira orang Jepang hanya makan sushi. Dalam santapannya, wanita Jepang lebih memilih ikan, rumput laut, sayuran, kedelai, nasi, buah, dan teh hijau. Selain itu, ada dua faktor penting yang juga memengaruhi kebiasaan makan mereka, yaitu kesegaran makanan dan keterkaitan dengan musim yang sedang berjalan saat itu. Misalnya saat musim dingin, secara tradisional mereka akan mengonsumsi daging, ikan, makanan dan minuman hangat.

2. Teknik memasak dengan sedikit minyak

Langsing dan Sehat a la Wanita Jepang? Tiru 6 Kebiasaan Makan Inijapanfoodtown.sg
 

Secara tradisional, orang Jepang memasak makanan mereka dengan merebus, memanggang, mengukus, atau menggoreng di panci spesial dengan sedikit minyak. Sayuran pun diiris sehingga terlihat lebih lezat dan matang dengan cepat. Keuntungan dari teknik memasak ini adalah bahan pangan masih menyimpan banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Wanita Jepang pun sangat berhati-hati dengan bumbu masakan. Mereka menjaga masakan tetap terasa ringan tanpa ada bumbu yang dapat menyebabkan perut, hati, dan ginjal terasa terbakar.

3. Budaya makan pelan dan piring yang kecil

Langsing dan Sehat a la Wanita Jepang? Tiru 6 Kebiasaan Makan IniDok. Inside Japan Tour
 

Makan juga termasuk salah satu ritual di Jepang, loh! Mereka makan secara pelan, dengan potongan yang kecil, serta wadah penyajian yang juga kecil. Orang Jepang menjaga rasa dan penampilan alami santapannya. Setiap hidangan diletakkan di piring yang berbeda pula karena mereka menganggap makanan harus memiliki tempatnya sendiri. Makanan pun jarang memenuhi sampai atas wadah.

4. Lebih memilih nasi ketimbang roti

Langsing dan Sehat a la Wanita Jepang? Tiru 6 Kebiasaan Makan IniDok. Guidable.co
 

Budaya makanan pokok orang Jepang lebih mirip Indonesia ketimbang negara barat, yakni mereka lebih memilih menyantap nasi ketimbang roti. Nasi sendiri menjadi bagian penting yang harus ada dalam setiap menu, dan harus dimasak tanpa garam atau mentega. 

5. Sarapan adalah makanan utama

Langsing dan Sehat a la Wanita Jepang? Tiru 6 Kebiasaan Makan IniDok. Serious Eats
 

Di antara tiga kali jam makan dalam satu hari, sarapan adalah yang paling penting bagi orang Jepang. Sarapan mereka meliputi beberapa hidangan, biasanya ada ikan, nasi, telur dadar, sup miso, sajian kedelai dengan sayuran hijau, rumput laut, dan teh. Kalau sarapanmu, bagaimana, Bela?

6. Jarang menyantap dessert

Langsing dan Sehat a la Wanita Jepang? Tiru 6 Kebiasaan Makan IniJapanesecooking101.com
 

Faktanya, orang Jepang sendiri jarang menyantap dessert atau makanan penutup. Jika tersedia pun, rasa manis yang dimiliki berbeda dengan selera orang Barat. Nggak ada dessert seperti kue atau buttercream, hidangan penutup Jepang umumnya rendah lemak dan rendah gula sehingga nggak meninggalkan apapun dalam perut.

Bagaimana, mau coba kebiasaan makan ala wanita Jepang, Bela? Selain membantu menjaga bentuk tubuh yang indah, kebiasaan makan mereka juga membantu menjaga kesehatan.

Baca Juga : Diet Ketogenik, Ini 7 Fakta yang Harus Kamu Tahu​