Gangguan kesehatan jantung masih menjadi salah satu dari penyakit kronis yang menyumbangkan angka kematian tinggi pada populasi dunia. Mengutip dari Byrdie, penelitian yang dilakukan American Heart Association menunjukkan kalau ada 1,4 juta orang meninggal karena penyakit jantung setiap tahunnya, dan ada 2,600 orang penduduk Amerika yang meninggal karena penyakit itu setiap harinya. Jadi, para ahli kesehatan mengingatkan kalau merawat kesehatan jantung adalah hal yang harus dilakukan dengan serius.

Untuk menjaga kesehatan jantung, menjaganya agar tetap memompa darah ke seluruh tubuh dengan lancar, perlu mengisi tubuh dengan asupan makanan penuh gizi. Makanan sehat dapat membantu menjaga level kolestrol, Bela. Ini daftar makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantungmu.

1. Oats dan barley

7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan JantungPixabay.com/Pexels

Oats dan barley mengandung jenis serat yang mudah dicerna bernama beta-glucan. Serat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung dan tubuh. Beta-glucan mengikat asam empedu dan kolestrol dalam usus dan mencegah penyerapannya ke dalam tubuh. 

Jadi, jika didiagnosis memiliki kolestrol tinggi, sangat disarankan untuk menyantap oats atau oatmeal sebagai menu sarapan setiap harinya. Serat beta-glucan ini juga dapat kamu temukan pada rumput laut dan jenis jamur seperti reishi, shiitake, maitake.

2. Salmon

7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan JantungPixabay.com/Picjumbo_com

Salmon dan ikan lainnya yang mengandung banyak lemak seperti tuna albacore, mackerel, herring, sardines, dan lake trout sangat baik disantap karena dapat menjaga kesehatan jantung. Sebab, ikan-ikan ini memiliki omega-3, khususnya dikenal dengan istilah LC omega-3 yang terdiri dari eicosapentaenoic acid (EPA), docosapentaenoic acid (DPA), and docosahexaenoic acid (DHA).

LC omega-3 telah terbukti secara klinis dapat mencegah serangan jantung dengan memabntu menjaga ritme jantung. Penelitian juga membuktikan kalau zat tersebut membantu darah menjadi nggak menggumpal, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyempitan, mengurangi trigliserida, serta mengurangi inflamasi. Selain ikan-ikanan, kandungan omega-3 juga bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi lobster, oyster, dan cumi-cumi.

3. Sayuran berwarna hijau tua

7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan JantungPixabay.com/Silviarita

Sayuran-sayuran berwarna hijau kaya vitamin A, C, E, dan K, serta antioksidan yang membantu mengusir racun dari dalam tubuh. Namun selain itu, sayuran hijau mengandung kalsium, magnesium, dan potassium yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. 

Potasium dapat membantu membatasi efek sodium dalam tekanan darah. Sedangkan magnesium dan kalsium membantu membuat dinding pembuluh darah jadi lebih rileks sehingga meningkatkan aliran darah, serta mengurangi tekanan darah.  Jangan lupa, sayuran hijau ini juga kaya serat yang membantu menurunkan level kolestrol.

4. Kacang dan biji-bijian

7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan JantungPixabay.com/ExplorerBob

Nggak hanya sayuran hijau, kacang dan biji-bijian juga tinggi kandungan potassium, magnesium, serta mineral lainnya. Kandungan gizi ini dapat membantu mengurangi tekanan darah yang dapat memicu gangguan kesehatan jantung. Namun, pastikan untuk menyantap kacang dan biji-bijian yang nggak digarami.

5. Alpukat

7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan JantungPixabay.com/Tookapic

Buah hijau yang lezat ini merupakan sumber monounsaturated fatty acids yang tinggi. Zat ini baik untuk menurunkan total kolestrol dan kolestrol buruk (LDL) sembari menjaga kolestrol baik (HDL). Buah alpukat juga dapat membantu mengendalikan level insulin, yang baik untuk penderita prediabetes atau diabetes tipe 2.

6. Minyak zaitun

7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan JantungPixabay.com/Umber Ber

Selain pada buah alpukat, monounsaturated fatty acids ini juga dapat kamu temukan dalam minyak zaitun. Menariknya lagi, minyak zaitun telah terbukti secara klinis dapat mengurangi tekanan darah, kolestrol buruk dan trigliserida, sembari meningkatkan kolestrol baik.

Umumnya, kamu pun dapat menemukan monounsaturated fatty acids dalam Mediterranean diet. Pola makan ini juga telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan otak, menurunkan risiko kanker payudara, dan meningkatkan peluang hidup lebih lama.

7. Legume

7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan JantungPixabay.com/RitaE

Legume, yang meliputi semua jenis beans, chickpeas, dan black-eyed peas, sangat baik untuk kesehatan jantung. Legume memiliki kandungan serat mudah dicerna yang tinggi, membantu menurunkan level kolestrol dan trigliserida dalam aliran darah. Serat yang mudah diceran mengikat kolestrol buruk berlebih dalam tubuh dan membuangnya keluar.

Legume juga bebas kolestrol, tinggi protein, dan hanya memiliki kandungan lemak sekitar 3%. Makanan ini tinggi kandungan zat besi, manganese, copper, vitamin B, magnesium, zinc, dan phosphorous. Kesemuanya memiliki angka glikemik indeks yang rendah sehingga nggak berdampak buruk pada gula darah.

Makanan-makanan ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, para ahli mengingatkan untuk menjaga porsinya secara cukup alias nggak menyantapnya secara berlebihan demi mendapatkan kebaikany itu.

Selain itu, selama menjaga pola makan yang baik, hindari makanan lain yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Mulai dari makanan yang dipanggang, cemilan, makanan yang digoreng, makanan yang terbuat dari adonan dibekukan, serta makanan yang mengandung krimer dan margarin.

Baca Juga: 6 Minuman Enak Ini Bikin Jantungmu Lebih Sehat