Sudah menjadi kewajiban kita untuk merawat setiap area tubuh kita. Mulai dari atas sampai bawah, wajah hingga tubuh, telapak tangan juga telapak kaki. Namun, terkadang ada saatnya kita khilaf dengan gejala kecil yang berada di area tertentu. Padahal, itu bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan yang sangat serius.

Dilansir dari Allure, seorang manicurist bernama Jean Skinner, menyadari sebuah garis hitam tebal pada kuku ibu jari tangan seorang pelanggannya. Si pelanggan sendiri meminta Skinner untuk memoleskan cat kuku warna gelap untuk menutupi garis hitam itu.

Jangan Diabaikan, Noda Di Kuku Bisa Jadi Gejala Kanker Kulitwww.jutefashionmagazine.com
 
Sebelum datang ke salon tempat Skinner bekerja, pelanggan itu telah mengunjungi beberapa tempat kecantikan dan staf-staf itu mengatakan untuk nggak mengkhawatirkan garis itu. Mereka mengatakan kalau strip tebal itu boleh jadi tanda kekurangan kalsium atau darah melepuh yang nggak berbahaya.

Namun, Skinner nggak mengatakan hal yang sama dengan staf-staf tempat sebelumnya. Ia menyadari kalau garis hitam tebal di kuku itu berpotensi melanoma, bentuk kanker kulit yang paling berbahaya.

Jangan Diabaikan, Noda Di Kuku Bisa Jadi Gejala Kanker Kulitwww.jutefashionmagazine.com
 
Menurut Melanoma Research Foundation, ini disebut subungal melanoma, garis kanker sejenis Acral Lentiginous Melanoma (ALM). "ALM sering diabaikan atau dianggap keliru karena kecenderungannya untuk muncul seperti noda gelap, lebam, atau garis di bawah kuku jari tangan-kaki pada tahap awalnya," begitu penjelasan dalam situsnya.

Kanker ini cukup terbilang langka. Namun jika terjadi, biasanya muncul pada ibu jari tangan atau kaki. Kadang, bisa juga terlihat pada telapak tangan atau kaki, dan terlihat seperti lebam atau kecoklatan yang nggak biasa, noda berwarna coklat atau hitam.

Jangan Diabaikan, Noda Di Kuku Bisa Jadi Gejala Kanker Kulitwww.jutefashionmagazine.com
 
Lalu pada pelanggan Skinner, garis tebal pada kukunya benar menjadi tanda melanoma. Dalam cerita yang ia bagikan dalam akun Facebook pribadinya, sang pelanggan meneleponnya untuk memberitahukan kalau Skinner benar tentang kukunya. Garis hitam itu ternyata melanoma agresif yang sudah menyebar ke kelenjar getah beningnya.

Dari pengalaman Skinner, kita jadi belajar untuk nggak mengabaikan sekecil apapun tanda yang nggak normal pada tubuh. Karena boleh jadi, itu adalah sebuah gejala gangguan kesehatan yang sangat berbahaya, seperti melanoma ini.

Yuk, cek kuku kita sekarang, Bela!

BACA JUGA: Atasi Kuku Rapuh dan Rambut Rontok dengan Kombinasi Jus Ini