Diselingkuhi oleh pasangan sendiri adalah pengalaman yang nggak ingin kita kenang selalu, bukan begitu Bela? Rasa sakitnya yang melukai perasaan dan ego, merusak hubungan, bahkan memicu sedikit trauma untuk kembali percaya pada seseorang, adalah hal buruk yang dialami saat mengetahui pasangan berkhianat.

Selain menimbulkan hal-hal yang menyakitkan, diselingkuhi dapat berdampak buruk pada kesehatan. Dilansir dari Your Tango, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli Unversity of Nevada di Reno menemukan bahwa pengalaman dikhianati dapat memicu efek nggak langsung bagi kesehatan tubuh.

Ini Gangguan Kesehatan yang Muncul Akibat Perselingkuhan1beautynews.com
 

Mereka yang diselingkuhi akan memiliki pemikiran negatif seperti menyalahkan pasangan atau diri sendiri. Hal itu memberi dampak tak langsung pada kesehatan melalui gangguan mental, seperti depresi, kecemasan, dan stres.

"Diselingkuhi nggak hanya memberikan konsekuensi gangguan kesehatan mental, tetapi juga meningkatkan perilaku yang berbahaya," ujar pemimpin penulis penelitian, M. Rosie Shrout. "Kami juga menemukan bahwa mereka yang menyalahkan dirinya sendiri karena pasangan berselingkuh, memiliki perasaan kalau itu adalah kesalahannya, cenderung melakukan hal-hal berbahaya," tambahnya.

Ini Gangguan Kesehatan yang Muncul Akibat Perselingkuhanwww.womenshealthmag.com
 

Perilaku berbahaya yang diungkap penelitian mulai dari penggunaan narkoba, konsumsi alkohol, hingga memiliki gangguan pola makan. Ketika salah satu atau kesemuanya dijalani, akan menjadikan kondisi kesehatan tubuh memburuk. Dalam penelitian juga disebutkan kalau perempuan mengalami tingkat stres lebih tinggi saat mengalami perselingkuhan.

"Kami pikir hal ini terjadi karena perempuan biasanya menempatkan kepentingan dalam hubungan sebagai sumber identitas. Ketika diselingkuhi, mereka mengalami kesehatan mental yang rendah dan melakukan perilaku yang kurang menyehatkan," ujar Shrout.

Ini Gangguan Kesehatan yang Muncul Akibat Perselingkuhanyesmovies.to/He's Just Not Into You Movie
 

Selain itu, penelitian yang dilakukan pada responden usia 20-an tahun ini menemukan kalau pengalaman diselingkuhi mengubah pandangan mereka pada pengkhianatan dan kemampuan untuk percaya kembali.

Jangan sampai kita mengalaminya lagi, dan jangan sampai kita menjadi pelaku yang berselingkuh dari pasangan, ya. Sebab, dampaknya akan sangat buruk bagi yang menjadi korban.

BACA JUGA: 10 Cara Jitu Mencegah Pasanganmu Selingkuh