Selain opor ayam dan ketupat, menu esensial yang harus selalu ada saat Ramadan adalah buah kurma. Mengonsumsi buah yang termasuk dalam rumpun tanaman palem ini merupakan salah satu sunnah Nabi yang patut diikuti. Karena selain lezat, rupanya buah kurma mengandung sejuta manfaat kesehatan! Apa saja ya?

Wah! Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kurma
 

Dalam 100g buah kurma, terdapat serat sebanyak 6.7 gram yang baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat dapat mendukung usus besar untuk bekerja lebih efisien, mengurangi risiko radang usus besar, mencegah terjadinya kanker usus besar, bahkan  wasir.

Wah! Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kurma
 

Kaya serat dalam kurma nggak hanya berlaku baik untuk sistem pencernaan, tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung kita! Sebab kandungan serat membantu mengurangi gangguan yang mengancam kesehatan jantung, seperti kolestrol.

Wah! Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kurma
 

Inflamasi atau radang merupakan respon sistem kekebalan tubuh pada infeksi atau iritasi, dan sering dihubungkan dengan penyakit kritis seperti kanker atau diabetes. Untuk mencegahnya, diperlukan asupan mineral magnesium pada tubuh, dan salah satunya terdapat dalam kurma.

Wah! Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kurma
 

Masih membicarakan efek magnesium dalam kurma, mineral ini juga membantu mengurangi risiko tubuh terkena penyakit stroke. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa risiko stroke dapat diminimalisir dengan mengonsumsi asupan 100mg magnesium setiap harinya. Hmm, berapa kurma yang dibutuhkan ya, Bela?

Wah! Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kurma
 

Selain magnesium, kurma juga kaya akan potassium. Kedua zat mineral ini dapat membantu mengurangi tekanan darah serta meningkatkan cara kerja jantung tubuh kita.

Wah! Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kurma
 

Buah dari Jazirah Arab ini memiliki kandungan vitamin B6 yang baik untuk ota kita. Salah satu penelitian yang terdapat dalam JAMA Internal Medicine mengungkapkan, asupan vitamin B6 yang cukup dapat meningkatkan performa otak dan membantu seseorang menapatkan nilai ujian yang baik.

Di balik ukurannya yang kecil, buah kurma menyimpan sejuta kebaikan untuk tubuh kita. Sepertinya, akan lebih baik jika bisa mengonsumsinya setiap hari, selain di bulan Ramadan, bukan begitu Bela? 

BACA JUGA: Inilah Menu Buka Puasa Pilihan Berdasarkan Zodiak